Note

Harga EUR/USD jatuh ke posisi terendah tiga bulan

· Views 23

Ketakutan telah kembali ke pasar. Setelah statistik inflasi AS untuk bulan Januari dirilis, investor tidak punya tempat untuk bersembunyi kecuali dolar AS. Indeks saham mencatat aksi jual paling signifikan pada hari ketika data harga konsumen dirilis sejak September 2022. Obligasi mengalami penurunan akibat inflasi, dan imbal hasil (yield) melonjak. Hal ini memungkinkan "bears" pada EUR/USD untuk mendorong pasangan ini di bawah 1,07 untuk pertama kalinya sejak pertengahan November. Sebaliknya, indeks ketakutan VIX melonjak ke level tertinggi dalam tiga bulan. Apakah keserakahan pasar sudah berakhir?

Reaksi Indeks Pasar terhadap Inflasi AS

Harga EUR/USD jatuh ke posisi terendah tiga bulan

Sebenarnya, tidak ada yang mengejutkan dari apa yang terjadi. Inflasi inti tetap sebesar 3,9% YoY, dan masih sangat tinggi bagi The Fed untuk melonggarkan kebijakannya. Pasar semakin condong pada gagasan bahwa perkiraan FOMC bulan Desember mengenai tiga tindakan ekspansi moneter pada tahun 2024 adalah prediksi paling akurat mengenai nasib suku bunga dana federal. Akibatnya, dolar menguat, dan pasar saham merugi.

Ketahanan bank sentral terhadap kenaikan imbal hasil obligasi Treasury dan penilaian ulang terhadap peluang pelonggaran kebijakan moneter The Fed sejak awal tahun sungguh mengejutkan. Jika kenaikan S&P 500 pada kuartal keempat adalah hal yang logis dengan latar belakang jatuhnya suku bunga pasar utang AS, kelanjutannya dalam kondisi kenaikannya tampak seperti sebuah anomali. Para investor tampaknya berpikir bahwa hal ini tidak akan terjadi jika ekonomi kuat, namun posisi kuatnya meningkatkan risiko percepatan inflasi dan mempertahankan suku bunga dana federal pada 5,5% untuk jangka waktu yang lama.

Kemungkinan besar, pasar dengan keras kepala percaya bahwa harga konsumen akan terus bergerak menuju target 2%. Keserakahan sangat besar; diperlukan pemicu untuk mundurnya indeks saham. Investor menerimanya dalam bentuk lonjakan inflasi jasa sebesar 0,7% MoM di bulan Januari. Teori bagus bahwa tingkat pertumbuhan CPI dan PCE akan terus menurun seiring pemulihan rantai pasokan runtuh, menyeret EUR/USD ke jurang yang dalam.

Dinamika Inflasi AS

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Harga EUR/USD jatuh ke posisi terendah tiga bulan

Apa berikutnya? Data penjualan eceran dan harga produsen akan melengkapi gambarannya. Indikator pertama mencirikan kekuatan konsumen, penggerak utama pertumbuhan ekonomi. Ekspansinya pada bulan Januari akan meningkatkan kemungkinan ekspansi PDB lebih lanjut, sehingga semakin mendorong permintaan dolar AS karena eksepsionalisme Amerika. Nasib CPI akan bergantung pada dinamika PPI. Apakah Goldman Sachs benar dalam menyebut lonjakan inflasi bulan Januari sebagai fenomena sementara atau tidak akan terlihat dari data.

Harga EUR/USD jatuh ke posisi terendah tiga bulan

Bagaimanapun, nasib pasangan mata uang utama akan bergantung pada revisi pandangan pasar mengenai waktu dan skala ekspansi moneter The Fed. Dan untuk ini, diperlukan statistik AS yang baru.

Secara teknis, rebound EUR/USD dari support dinamis dalam bentuk moving average memungkinkan kenaikan short position yang terbentuk sebelumnya pada penembusan support di 1.0755. Targetnya tetap sama – 1.064. Namun, pasangan ini mungkin turun lebih rendah, menuju titik 1.058. Fokusnya adalah menjual.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.