Note

Jokowi: Masa Depan Industri Otomotif RI Bikin Mobil Listrik!

· Views 22
Jokowi: Masa Depan Industri Otomotif RI Bikin Mobil Listrik!
Presiden Jokowi Foto: (Eva S/detikcom)
Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan masa depan industri otomotif Indonesia nantinya adalah memproduksi mobil listrik secara besar-besaran. Pasalnya, Indonesia memiliki bahan baku penting untuk komponen mobil listrik.

Jokowi bilang sumber daya yang utama adalah nikel. Dalam catatan detikcom, Indonesia memiliki cadangan nikel terbesar di dunia atau sebesar 23% cadangan dunia.

Indonesia memiliki sumber daya nikel mencapai 17,7 miliar ton bijih dan 177,8 juta ton logam, dengan jumlah cadangan 5,2 miliar ton bijih dan 57 juta ton logam.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Hal itu diungkapkan Jokowi usai melakukan peninjauan di pameran otomotif IIMS 2024, dia mengaku senang banyaknya mobil listrik yang dipamerkan pada gelaran tersebut. Itu menandai masa depan industri otomotif memang berada di kendaraan listrik.

"Saya kira ini memang masa depan otomotif ada di mobil listrik karena Indonesia karena kita memiliki bahan baku nikel dan lainnya," ungkap Jokowi usai melakukan peninjauan di gelaran IIMS 2024, di Jiexpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2024).

Pemerintah, kata Jokowi, akan mendorong para produsen kendaraan listrik untuk memanfaatkan insentif kendaraan listrik. Menurutnya, insentif yang diberikan pada ujungnya akan membuat produsen mobil listrik dunia bisa membuka pabrik di Indonesia.

"Saya kira ini akan mendorong penjualan dan nanti baliknya nanti mendorong produksi di pabrik-pabrik EV di Indonesia. Saya kira arahnya ke sana biar kita nanti bisa bersaing dengan negara lain," ujar Jokowi.

"Kaau semua local content sudah, baterainya sudah, saya kira kita akan kita lihat nanti kita bisa bersaing dengan negara lain," sebutnya.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.