Note

Harga XAU/USD Runtuh: Apa Selanjutnya?

· Views 46

Dolar AS menguat tajam pada hari Selasa setelah data inflasi di Amerika Serikat dirilis: Indeks Harga Konsumen (IHK) dan IHK Inti naik pada bulan Januari sebesar +0.3% dan +0.4%, masing-masing, melebihi perkiraan +0.2% dan +0.3%.

Meskipun Indeks Harga Konsumen tahunan turun di bulan Januari menjadi +3.1% dari +3.4% di bulan Desember, angka ini melebihi ekspektasi pasar sebesar +2.9%. IHK Inti tahunan meningkat +3.9%, melampaui perkiraan awal +3.7%.

Menyusul IHK yang lebih baik dari perkiraan, para ekonom menyesuaikan ekspektasi mereka mengenai langkah Federal Reserve menuju kebijakan yang lebih lunak. Menurut FedWatch Tool dari Chicago Mercantile Exchange (CME), probabilitas untuk mempertahankan suku bunga di bulan Maret adalah 91.0%, dan kemungkinan penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin di bulan Mei kurang dari 50%.

Dengan latar belakang ini, indeks dolar (DXY) naik ke 104.85 kemarin dan tetap berada di dekat level tersebut saat artikel ini ditulis. Selain itu, dolar mendapat dukungan tambahan dari kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS: Obligasi 10 tahun diperdagangkan pada 4.288%, 0.111% lebih tinggi dari tingkat penutupan minggu lalu di 4.177%.

Harga XAU/USD Runtuh: Apa Selanjutnya?

Penguatan dolar dan kenaikan imbal hasil obligasi pemerintah AS memberikan tekanan pada harga emas. Harga emas turun tajam pada hari Selasa, dan pasangan XAU/USD terus menurun selama sesi perdagangan Asia hari Rabu, mencapai 1986,00 di awal sesi Eropa - terendah sejak 14 Desember dan level support jangka menengah yang penting (rata-rata pergerakan 144 periode pada grafik harian).

Harga emas dikenal sangat sensitif terhadap perubahan kebijakan kredit dan moneter bank-bank sentral utama, terutama Federal Reserve. Berkurangnya kemungkinan pelonggaran kebijakan moneter bank sentral AS setelah publikasi indeks CPI pada hari Selasa memberikan tekanan pada harga logam mulia ini.

Di antara faktor-faktor positif untuk emas adalah ketidakpastian geopolitik yang masih tinggi dan potensi masalah dalam pertumbuhan ekonomi, yang juga terkait dengan inflasi yang tinggi.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Harga XAU/USD Runtuh: Apa Selanjutnya?

Saat ini, para pelaku pasar akan menunggu bukti baru untuk kenaikan atau perlambatan inflasi di Amerika Serikat: pada hari Jumat (pukul 13:30 GMT), data inflasi produsen akan dipublikasikan. Gambaran yang serupa dengan dinamika indeks CPI diperkirakan akan terjadi di sini: akselerasi indeks PPI di bulan Januari dengan perlambatan angka tahunan.

Karena meningkatnya biaya produksi meningkatkan harga grosir, hal ini pada akhirnya meningkatkan inflasi konsumen. Kenaikan inflasi (dalam kondisi ekonomi normal) biasanya memberikan tekanan ke atas pada kuotasi mata uang nasional, karena ini mengimplikasikan kebijakan moneter yang lebih ketat oleh bank sentral, yang pada gilirannya memberikan tekanan pada harga emas dan pasangan XAU/USD.

Harga XAU/USD Runtuh: Apa Selanjutnya?

Dari sudut pandang teknikal, meski terjadi penurunan tajam pada hari Selasa, XAU/USD terus diperdagangkan di zona pasar bullish jangka menengah dan jangka panjang, dan akan masuk akal untuk memasuki posisi beli baru setelah munculnya sinyal. Sinyal pertama dapat berupa terobosan level resistance lokal di 1996.00 dan 2000.00.

Mengenai peristiwa lain dalam kalender ekonomi, kuotasi dolar, dan akibatnya pasangan XAU/USD, akan naik lagi pada hari Kamis dengan publikasi (pada 13:30 GMT) penjualan ritel dan data klaim pengangguran awal.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.