Note

Kian Terang Aset CUAN Akan Tembus Rp 13,4 Triliun

· Views 259

Pasardana.id – PT Petrindo Jaya Kreasi Tbk(IDX: CUAN ) mendapatkan restu pemegang saham untuk mengakuisisi PT Petrosea Tbk(IDX:PTRO)

Persetujuan dari pemegang saham tersebut didapatkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) CUAN yang diadakan di Jakarta, 12 Februari 2024.

Seperti disampaikan manajemen pada RUPSLB, proyeksi nilai total aset CUAN setelah akusisi PTRO akan berada di angka Rp 13.4 Triliun, meningkat dari Rp 2.3 Triliun sebelum akuisisi. Selain itu, total ekuitas juga akan bertambah menjadi Rp 4.5 Triliun dari awalnya sebesar Rp 1.8 Triliun. Total liabilitas juga mengalami peningkatan menjadi Rp 8.9 Triliun.

Para pemegang saham dalam RUPSLB menyetujui pembelian sebanyak 342.925.700 juta lembar saham yang mewakili 34 persen kepemilikan atas PTRO melalui PT Caraka Reksa Optima. Akusisi ini akan dilakukan melalui anak usaha Perseroan yaitu PT Kreasi Jaya Persada. Setelah akuisisi selesai nantinya, CUAN akan menjadi pengendali tunggal dari PTRO.

Direktur Utama CUAN, Michael menyampaikan, akuisisi ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang perusahaan, dengan tujuan menambah aset perusahaan dan pengembangan usaha jangka panjang grup  menjadi perusahaan pertambangan dan jasa pertambangan yang terintegrasi.

“Rencana transaksi akusisi ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja operasional menjadi lebih efisien dan efektif dengan mengintegrasikan operasi serta memperkuat portolio bisnis kami di sektor pertambangan batubara, emas, nikel, gas, dan infrastruktur yang telah beroperasi penuh,” terang dia.

Laba Usaha dan Laba Neto milik CUAN juga meningkat setelah konsolidasi per tanggal 30 September 2023. Laba Usaha menjadi Rp 501 Milyar dan Laba Neto menjadi Rp 460 Milyar.

RUPSLB tersebut juga mengukuhkan Direksi baru CUAN, Kartika Hendrawan selaku Chief Financial Officer. Sebelum bergabung dengan CUAN, Kartika Hendrawan merupaka CFO dari Sirclo/ORAMI. Ia juga pernah menjadi Investment Director dari PT East Spring Invesments Indonesia. Saat ini ia juga menjabat sebagai Komisaris Independen PT BNI Modal Ventura.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.