Note

Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen

· Views 22
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Indeks utama Wall Street jatuh pada perdagangan Selasa (13/2/2024) waktu setempat setelah pembacaan inflasi konsumen yang lebih tinggi dari perkiraan dan mendorong kembali ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga dalam waktu dekat, sehingga mendorong imbal hasil Treasury AS lebih tinggi.

Mengutip Reuters, S&P 500 (.SPX) kehilangan 68,14 poin, atau 1,37%, berakhir pada 4.953,70 poin, sedangkan Nasdaq Composite (.IXIC) kehilangan 282,64 poin, atau 1,79%, menjadi 15,659.91. Dow Jones Industrial Average (.DJI) turun 522,05 poin atau 1,36% menjadi 38.275,33.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen Wall Street Pekan Ini: S&P 500 Capai Rekor Tertinggi, Pasar Diprediksi Meluas

Dow Jones Industrial Average membukukan persentase penurunan satu hari terbesar dalam hampir 11 bulan, setelah laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan harga konsumen AS meningkat di atas perkiraan pada bulan Januari di tengah lonjakan biaya perlindungan.

“Ekuitas berada dalam mode kemunduran menyusul laporan CPI yang masih bersifat inflasi,” kata Terry Sandven, kepala strategi ekuitas di Bank Wealth Management AS. "Inflasi yang lebih tinggi dalam jangka waktu yang lebih lama merupakan kemunduran bagi Federal Reserve."

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen Wall Street Dibuka Menguat Jelang Rilis Sejumlah Data Ekonomi

Pasar telah menguat tahun ini di tengah spekulasi bahwa The Fed akan mulai memangkas suku bunga pada bulan Mei.

S&P 500 (.SPX) yang ditutup di atas 5.000 untuk pertama kalinya pada hari Jumat. Dow (.DJI) juga diperdagangkan mendekati level rekor tertinggi, dan pada hari Senin Nasdaq (.IXIC) sempat melampaui rekor penutupan tertinggi sejak November 2021.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen Wall Street Ditutup Mixed, Nasdaq Turun dari Level Tertinggi

Setelah rilis data inflasi, taruhan para pedagang terhadap penurunan suku bunga di bulan Mei setidaknya 25 basis poin turun menjadi 36,1%, dari sekitar 58% sebelum data tersebut, sementara ekspektasi untuk bulan Juni berada di 74,3%, alat CME FedWatch menunjukkan.

Megacaps yang peka terhadap nilai seperti Microsoft (MSFT.O), Alfabet (GOOGL.O), Amazon.com (AMZN.O) dan Meta Platforms (META.O) turun antara 1,6% dan 2,2%, karena imbal hasil surat utang AS secara keseluruhan melonjak ke level tertinggi dalam dua bulan.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen Inflasi AS Masih Panas, Wall Street Dibuka Lesu

Sebagian besar saham chip seperti Micron Technology (MU.O), Qualcomm (QCOM.O) dan Broadcom (AVGO.O) juga turun, mengirimkan indeks Semikonduktor Philadelphia SE (.SOX ) turun 2%.

Real estat (.SPLRCR), kebijakan konsumen (.SPLRCD) dan utilitas (.SPLRCU) menyebabkan kerugian di antara 11 indeks sektor utama S&P 500, dengan real estat jatuh ke titik terendah lebih dari dua bulan.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Lesu Imbas Inflasi Tinggi, Nasdaq Turun 1,79 Persen Wall Street Pekan Depan: Pelaku Pasar Bersiap Sambut Data Inflasi

Indeks saham kecil Russell 2000 (.RUT), juga turun 4,3%, penurunan satu hari terbesar sejak 16 Juni 2022.

"Banyak gubernur Federal Reserve yang keluar dalam beberapa minggu terakhir dan memberikan berbagai indikasi bahwa pemotongan yang diharapkan oleh pasar pada paruh pertama tahun ini mungkin terlalu dini. Kini data CPI jelas menegaskan kembali gambaran tersebut," kata Bob. Elliott, kepala investasi di Unlimited Funds.

Data terbaru ini muncul setelah adanya sedikit revisi terhadap inflasi pada kuartal terakhir tahun 2023 yang membuat investor sempat merasa lega dengan arah inflasi.

Indeks volatilitas Cboe (.VIX), pengukur ketakutan pasar, mencapai level tertinggi sejak November.

Ini menandai persentase kerugian satu hari terbesar Dow sejak 22 Maret 2023.

Di antara saham-saham penggerak utama, JetBlue Airways (JBLU.O) melonjak 21,6% setelah aktivis investor Carl Icahn melaporkan kepemilikan 9,91% saham, menambahkan bahwa saham maskapai tersebut "undervalued."

Arista Networks (ANET.N), sahamnya turun 5,5% setelah penyedia solusi cloud memperkirakan margin kotor yang disesuaikan pada kuartal saat ini di bawah ekspektasi, sementara Marriott International (MAR.O) kehilangan kekuatan setelah operator hotel memperkirakan tahunan keuntungan di bawah ekspektasi Street.

Saham perusahaan perangkat lunak Cadence Design Systems (CDNS.O) turun 4% menyusul perkiraan penjualan kuartalan yang suram, sementara pembuat mainan Hasbro (HAS.O) yang hilang setelah penurunan yang lebih tajam dari perkiraan pada musim liburan- penjualan dan keuntungan seperempat.

Tripadvisor (TRIP.O), saham melonjak 13,8% karena agen perjalanan online tersebut membentuk komite khusus untuk mengevaluasi proposal kesepakatan.

Saham-saham yang mengalami penurunan melebihi jumlah saham-saham yang menguat dengan rasio 10 banding 1 di NYSE dan rasio 4,9 banding 1 di Nasdaq.

Di bursa AS, terdapat 12,9 miliar saham berpindah tangan dibandingkan dengan rata-rata pergerakan 11,71 miliar dalam 20 sesi terakhir.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.