Note

Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu

· Views 32
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir di zona merah sebesar 1,20% di 7.209,874. Transaksi yang tak cukup ramai, membawa 308 saham turun, dan menyisakan 214 saham yang bertahan hijau.

Secara teknikal, indikator Stochastic RSI menunjukkan pola death cross di area jenuh beli alias overbought. Ini juga diperkuat oleh penyempitan pada positif slope Moving Average Convergence Divergence (MACD). 

Baca Juga:
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu IHSG Hari Ini Ditutup Melemah ke 7.209

“Sehingga diperkirakan bahwa IHSG akan mengalami pelemahan terbatas dalam rentang 7.188-7.250 pada Kamis (15/2),” tulis Phintraco Sekuritas dalam risetnya, Rabu (14/2).

Dari sisi fundamental Head of Research Retail MNC Sekuritas, Herditya Wicaksana, menuturkan secara historis indeks komposit selalu menguat pasca-Pemilu, terkecuali pada tahun 2019.

Baca Juga:
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu IHSG Sesi I di Tutup Melemah ke Level 7.223

“Empat kali pasca-Pemilu selalu mengalami penguatan, kecuali 2019 di mana ada koreksi akibat perang dagang dan awal Covid,” kata Didit saat dihubungi IDXChannel.

Didit menilai investor masih cenderung wait and see akan penghitungan suara cepat alias quick count. Di sisi lain, investor asing tampak telah masuk Rp1,2 triliun pada hari terakhir sebelum libur pencoblosan.

Baca Juga:
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu IHSG Sesi II Ditutup Melemah ke Level 7.209

Phintraco menilai di tingkat global pelaku pasar juga masih meraba dampak rilis inflasi Amerika Serikat yang kembali memanas, mencapai 3,1 persen year-on-year (yoy) pada periode Januari 2024. Angka ini lebih tinggi dari ekspektasi pasar sebesar 2,9%.

Namun, secara tahunan angka indeks harga konsumen (CPI) ini masih lebih rendah dibandingkan Desember 2023 yang mencapai 3,4% yoy, demikian mengutip data Biro Statistik Departemen Tenaga Kerja, Selasa (13/2).

Baca Juga:
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu IHSG Sesi I Melemah 1,01 Persen ke 7.223, MPIX dan TPIA Jadi Top Losers

“Investor juga tengah mencermati rilis data inflasi Inggris yang dijadwalkan pada tanggal (14/2). Konsensus menunjukkan bahwa angka inflasi diperkirakan akan meningkat menjadi 4.20%, naik dari level 4.00% pada bulan Desember 2023,” tutupnya.

(SAN)

Baca Juga:
Meneropong Arah Pergerakan IHSG Pasca Pencoblosan Pemilu Jelang Pesta Demokrasi, IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat ke 7.360

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.