Note

10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD

· Views 21
10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD
10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar saat ini adalah Microsoft Corp. Raksasa teknologi bermarkas di Amerika Serikat ini mencatatkan valuasi senilai USD3,08 triliun. 

Saham perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen ini dihargai senilai USD415,26 per lembar, setara dengan Rp6,4 juta.  Dengan valuasi USD3,08 triliun, Microsoft menggeser posisi Apple.

Baca Juga:
10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD Bukan Sea Ltd, Inilah Perusahaan Terbesar di Asia Tenggara

Sepanjang 2023, perusahaan ini diestimasikan mencatatkan net income sekitar USD83 miliar, naik dari perolehan setahun sebelumnya yang tercatat mencapai USD67 miliar.  Layanan komputasi awan atau cloud computing service, berkontribusi 46% pada keseluruhan operating income.

Bisnis cloud computing Microsoft mengalami peningkatan yang signifikan, mengalahkan kinerja layanan serupa dari Amazon, berkat kerja samanya dengan salah satu perusahaan artificial intelligence ternama di dunia saat ini, yakni OpenAI. 

Baca Juga:
10 Perusahaan Terbesar di Dunia Berdasarkan Kapitalisasi Pasar, Valuasi Triliunan USD 4 Sektor Perusahaan Terbesar di Dunia yang Menjadi Penggerak Ekonomi

Selain itu, Microsoft juga mengelola dan memproduksi operating system Windows dan software Office Suite, salah satu yang terbesar dan paling banyak digunakan konsumen di seluruh dunia.

Mayoritas perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasarnya berasal dari Amerika Serikat, dan rata-rata berasal dari sektor teknologi. Apa saja perusahaan terbuka yang masuk dalam daftar tersebut? 

Mengutip Investopedia dan CompaniesMarketcap (13/2), berikut ini adalah 10 perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar: 

  • Microsoft USD3,08 triliun
  • Apple USD2,88 triliun
  • Saudi Aramco USD2,02 triliun
  • Alphabet (Google) USD1,84 triliun
  • Amazon USD1,79 triliun
  • NVIDIA USD1,78 triliun
  • Meta Platforms (Facebook) USD1,19 triliun
  • Berkshire Hathaway USD861,74 miliar
  • Eli Lilly USD699,98 miliar
  • TSMC USD676,61 miliar 

Dari kesepuluh perusahaan di atas, delapan di antaranya berasal dari Amerika Serikat. Hanya Saudi Aramco dan TSMC yang berasal dari luar AS, yakni Arab Saudi dan Taiwan. TSMC merupakan perusahaan semikonduktor yang bermarkas di Taiwan. 

Berkshire Hathaway merupakan perusahaan layanan keuangan, sementara Eli Lilly merupakan perusahaan farmasi berbasis di Amerika Serikat. Selain Saudi Aramco, Berkshire Hathaway, Eli Lilly, dan TSMC, selebihnya adalah raksasa teknologi.  

Itulah sederet perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar yang menarik untuk diketahui. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.