Note

WIRG Kembangkan Ruang Belajar Dunia Maya

· Views 39

Pasardana.id - PT WIR ASIA Tbk (IDX: WIRG) menyatakan tengah mengembangkan metamesta yang dibangun untuk memperkaya sarana dan pengalaman kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi.

Chief Metaverse Officer WIR Group, Stephen Ng menjelaskan, produk  bertajuk Angelaverse itu pertama kali dikenalkan di sekolah Santa Angela guna menyikapi banyaknya teknologi yang berkembang, tetapi tidak bersifat transformatif.

Metaverse, bagi Nusameta, adalah sebuah teknologi yang bersifat transformatif, karena apa yang akan dinikmati oleh para peserta didik nanti adalah ruang belajar interaktif di mana mereka bisa menambah pengalaman belajar melalui berbagai inovasi teknologi seperti gamifikasi dan AI,” papar dia dalam keterangan resmi, Selasa (13/2/2024).

Ia berharap, Angelaverse dapat berkontribusi pada pembangunan karakter dalam kegiatan belajar mengajar dengan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan sifat-sifat penting, seperti; ketekunan, kerja sama tim, dan berbagai keterampilan lainnya.

Misalnya, dalam simulasi virtual yang mengharuskan peserta didik bekerja sama untuk menyelesaikan masalah yang kompleks, mereka dapat mempelajari nilai kolaborasi dan kerja sama.

Selain itu, kata dia, Angelaverse dapat memasukkan skenario yang menyajikan dilema etika, memungkinkan peserta didik untuk membuat keputusan dan merefleksikan konsekuensi dari tindakan mereka, mendorong pemikiran kritis dan perkembangan moral.

“Angelaverse dapat juga membantu peserta didik mengembangkan nilai-nilai sosial yang penting disamping pengetahuan akademis,” ungkap dia.

Sementara itu, Ketua III Yayasan Widya Bhakti, Suster Korina Ngoe mengatakan, peluncuran Angelaverse merupakan tanggapan sekolah atas kemajuan dan perkembangan zaman yang menantang seluruh pengelola lembaga pendidikan untuk terus berinovasi dalam menghasilkan output peserta didik berkarakter luhur.

“Nusameta telah membantu Santa Angela untuk mempersiapkan guru dalam mempersiapkan konten-konten pembelajaran yang akan digunakan di kelas,” terang Korina.

Lebih lanjut, Korina mengakui bahwa  Angelaverse menciptakan ruang belajar interaktif di mana siswa dapat sepenuhnya terlibat dengan konten dan meningkatkan pengalaman belajar mereka.

“Angelaverse dapat memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif dan tetap terlibat dalam pembelajaran mereka. Selain itu, integrasi AI memungkinkan kegiatan belajar mengajar yang dipersonalisasi, menyesuaikan pengalaman pendidikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing siswa,” pungkas dia.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.