Note

Analisis EUR/USD pada 12 Februari 2024

· Views 21

Analisis gelombang pada grafik 4 jam untuk pasangan euro/dolar tetap tidak berubah. Selama setahun terakhir, kita hanya melihat struktur tiga gelombang yang terus-menerus bergantian satu sama lain. Saat ini, pembangunan struktur tiga gelombang ke bawah lainnya terus berlanjut. Gelombang 1 yang diasumsikan telah selesai, gelombang 2 atau b telah menjadi lebih kompleks tiga atau empat kali, namun saat ini, gelombang tersebut masih dapat dianggap selesai secara bersyarat karena penurunan pasangan ini telah berlangsung selama lebih dari sebulan.

Bagian tren naik mungkin berlanjut, namun struktur internalnya tidak dapat dibaca. Saya ingin mengingatkan Anda bahwa saya mencoba menyoroti struktur gelombang yang tidak ambigu yang tidak mentolerir interpretasi ganda. Jika analisis gelombang saat ini benar, pasar telah berpindah ke formasi gelombang 3 atau c. Upaya yang berhasil untuk menembus level 1,0788, setara dengan 76,4% menurut Fibonacci, sekali lagi menegaskan kesiapan pasar untuk melakukan penjualan. Saat ini, target terdekatnya adalah level 1,0637, yang setara dengan 100,0%, menurut Fibonacci. Namun saya tidak memperkirakan akhir dari penurunan euro. Gelombang 3 atau c harus lebih luas dalam hal waktu dan target.

Permintaan euro mungkin mulai turun lagi.

Nilai tukar pasangan euro/dolar turun 15 basis poin pada hari Senin. Ini adalah perilaku pasar yang wajar, karena kita masih memiliki tren menurun dan gelombang korektif ke atas telah selesai. Upaya yang gagal untuk menembus level 1,0788 juga menunjukkan kesiapan pasar untuk penjualan baru. Berdasarkan hal tersebut saja, dapat diasumsikan bahwa permintaan terhadap euro akan terus menurun. Upaya yang berhasil untuk menembus titik terendah wave b di 2 atau b akan menjadi alasan yang cukup untuk mempertimbangkan bahwa penurunan pasangan ini akan terus berlanjut.

Pada hari Senin, latar belakang berita sangat lemah. Pada siang hari, hanya ada sedikit laporan ekonomi yang perlu diperhatikan. Namun, selama akhir pekan dan Senin, pidato anggota ECB de Cos dan Panetta berlangsung, dan di Amerika, Lorie Logan berbicara. Informasi ini sangat mempengaruhi sentimen pasar. Meski demikian, Lorie Logan membenarkan ucapan Powell bahwa The Fed tidak perlu terburu-buru melakukan pelonggaran kebijakan moneter. Semakin banyak pernyataan seperti itu yang kita lihat dan dengar, maka penguatan mata uang Amerika akan semakin intens.

Pada saat yang sama, anggota ECB mengambil sikap yang lebih lunak terhadap kebijakan moneter, sehingga mempengaruhi permintaan euro. Fabio Panetta menyatakan bahwa waktu untuk penurunan suku bunga pertama sudah semakin dekat. Perbedaan pendapat antara Logan dan Panetta tidak dapat menyebabkan apa pun selain penurunan permintaan euro.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Analisis EUR/USD pada 12 Februari 2024

Kesimpulan umum.

Berdasarkan analisis yang dilakukan, saya menyimpulkan bahwa konstruksi rangkaian gelombang bearish terus berlanjut. Wave 2 atau b telah mengambil bentuk yang lengkap, jadi dalam waktu dekat, saya memperkirakan kelanjutan dari konstruksi wave ke bawah impulsif 3 atau c dengan penurunan signifikan pada pasangan ini. Upaya yang gagal untuk menembus level 1,1125, setara dengan 23,6% menurut Fibonacci, menunjukkan kesiapan pasar untuk melakukan penjualan sebulan yang lalu. Saya hanya mempertimbangkan penjualan dengan target di sekitar level perhitungan 1,0462, setara dengan 127,2% menurut Fibonacci.

Asumsi wave 2 atau b, yang menurut Fibonacci lebih dari 61,8% dari panjang gelombang pertama, dapat diselesaikan pada skala gelombang yang lebih besar. Jika memang demikian, maka skenario dengan konstruksi wave 3 atau c dan penurunan pasangan mata uang di bawah angka 1.4 sudah mulai diterapkan.



Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.