Note

Tutup BK3N 2024, Smelter PTFI Raih Capaian 32 Juta Jam Kerja Selamat

· Views 34
Tutup BK3N 2024, Smelter PTFI Raih Capaian 32 Juta Jam Kerja Selamat
Foto: Dok. PTFI
Jakarta

Smelter PT Freeport Indonesia (PTFI) menutup Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja Nasional (BK3N) 2024 dengan capaian 32 juta jam kerja selamat. Capaian ini, menurut Deputi Site Manager PTFI Smelter Project Venta Agustri, patut dibanggakan.

"Di tengah intensitas tinggi dalam menyelesaikan pembangunan smelter, tim proyek berhasil mencapai lebih dari 32 juta jam kerja selamat. Hal ini merupakan kebanggaan yang patut kita syukuri," kata Venta, dalam keterangan tertulis, Selasa (13/2/2024).

Hal ini disampaikan Venta saat penutupan BK3N di proyek smelter PTFI, Kawasan Industri JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik, Senin (12/02/24).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Venta mengatakan untuk meraih capaian 32 juta jam kerja selamat, pihaknya menerapkan lima hal kunci. Pertama, mengkomunikasikan informasi keselamatan secara teratur kepada karyawan.

Kedua, membangun budaya keselamatan dengan mendorong karyawan saling mengingatkan dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi risiko kecelakaan. Ketiga, memastikan kebijakan keselamatan diikuti secara ketat oleh semua karyawan dan memberlakukan sanksi terhadap pelanggaran yang dilakukan.

"Keempat, memastikan peralatan kerja dan fasilitas keselamatan (PPE) dalam kondisi baik. Kelima, melakukan audit K3 dilakukan secara berkala (satu tahun sekali) untuk mengevaluasi kepatuhan terhadap prosedur keselamatan dan mengidentifikasi area-area yang memerlukan improvement," kata Venta.

Peringatan BK3N 2024 di Smelter PTFI berlangsung selama satu bulan dimulai 12 Januari hingga 12 Februari 2024. Dalam peringatan BK3N 2024 ini Smelter PTFI menggelar berbagai kompetisi K3 di antaranya Fire and Rescue Challenge, Cerdas Cermat K3, PPE Hunter, Tool Box Speech, Kompetisi Foto K3, Poster K3, Maskot K3, dan Kompetisi Olahraga seperti bulutangkis, catur, pingpong, dan futsal.

Sedangkan kampanye K3 dilakukan melalui kegiatan donor darah, Workshop Defensive Driving Training, Health Talk, dan senam aerobik. Dalam puncak perayaan BK3N juga diadakan Safety Demo yang bekerjasama dengan PT 3M Indonesia.

Berbagai kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kesadaran karyawan terhadap pentingnya K3.

"Saya ingin mengajak kita semua untuk tidak hanya melihat Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja sebagai momentum sementara, tetapi sebagai komitmen jangka panjang, karena setiap langkah kecil yang kita ambil akan membawa dampak besar bagi keselamatan dan kesehatan kita semua," katan Venta.

Bulan K3 Nasional 2024 mengusung tema besar 'Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha' bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya K3, mewujudkan ketertiban dalam penerapan kebijakan K3, serta untuk meningkatkan partisipasi baik karyawan dan kontraktor SBI dalam mewujudkan pelaksanaan budaya K3 di setiap kegiatan perusahaan.

"PTFI terus meningkatkan kepedulian terhadap keselamatan kerja bagi seluruh karyawan dan kontraktor yang terlibat dalam kegiatan operasional perusahaan," kata Venta.

PTFI telah menginvestasikan US$ 3,1 miliar atau setara Rp 48 triliun per akhir Desember 2023. Saat beroperasi penuh pada Desember 2024, smelter mampu mengolah konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta dry metric ton (dmt) dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.



Simak Video "Jokowi Resmikan Ekspansi Smelter Freeport: Produksi Naik Jadi 1,3 Juta Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(anl/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.