Note

Ini Bocoran Pefindo soal Metodologi Pemeringkatan Manajer Investasi (MI)

· Views 36
Ini Bocoran Pefindo soal Metodologi Pemeringkatan Manajer Investasi (MI)
Ini Bocoran Pefindo soal Metodologi Pemeringkatan Manajer Investasi (MI) (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Pemeringkat Efek Indonesia (PEFINDO) sedang mengembangkan produk pemeringkatan untuk Manajer Investasi (MI). 

Ini merupakan bagian dari upaya standarisasi bagi pihak yang mengelola portofolio investasi nasabah.

Kepala Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan, Danan Dito mengatakan, pihaknya telah melakukan audiensi dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait pilot-project ini, kendati belum mengungkap kapan produk ini akan diluncurkan.

Metodologi penilaian peringkat MI didasarkan pada proses investasi yang dilakukan MI, mulai dari kerangka investasi, prosesnya, hingga sumber daya manusia yang dimiliki.

“Metodologinya, kami melihat yang utama adalah dari proses investasinya. Kerangka investasi, di mana MI itu mulai membuat produknya. Lalu prosesnya seperti apa. Lalu kita lihat tim dan pengalamannya,” kata Danan dalam Konferensi Pers, Selasa (13/2/2024).

Kinerja portofolio MI turut menjadi mekanisme penilaian dari PEFINDO. Danan menerangkan pihaknya juga memantau infrastruktur yang dimiliki para Manajer Investasi sebagai basis pengelolaan investasi.

Strategi manajemen risiko MI juga menjadi perhatian PEFINDO terutama untuk mengelola risiko terhadap investasi. 

“Bobot terbesar itu sebenarnya ada di investasi lalu ada di risk management. Nah lalu kita lihat juga baru setelah itu adalah kinerja portofolionya,” paparnya.

Danan menyebut pihaknya juga memantau bagaimana MI memasarkan produk-produk investasinya kepada calon investor maupun investor eksisting.

Adapun PEFINDO juga melakukan kunjungan lokasi hingga pertemuan dengan manajemen perusahaan manajer investasi.

“Jadi ada data-data yang disampaikan oleh MI. Lalu ada permintaan atau mandat pemeringkatan dari MI, kita lakukan analisis dan ketemu, jadi seperti itu,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui, pemberian rating terhadap MI merupakan upaya anak usaha Bursa Efek Indonesia (BEI) tersebut dalam memastikan standarisasi bagi kualitas manajer investasi.

Ini juga didukung oleh S&P Global Ratings yang secara resmi menjadi pemegang saham PEFINDO sejak Mei 2023 dengan kepemilikan 15% saham.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.