Note

Gelontorkan 7,2 Juta Ton Pupuk Subsidi, Begini Arahan Jokowi

· Views 12
Gelontorkan 7,2 Juta Ton Pupuk Subsidi, Begini Arahan Jokowi
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi buka-bukaan soal arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) - Foto: detikcom/Herdi Alif Al Hikam
Jakarta

Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Rahmad Pribadi buka-bukaan soal arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penyaluran pupuk subsidi. Tahun ini, pemerintah menyiapkan 7,2 juta ton pupuk subsidi.

Jumlah 7,2 juta ton itu terdiri dari 4,7 juta ton pupuk subsidi yang ditetapkan di awal dan tambahan sebesar 2,5 juta ton pupuk tambahan. Jokowi sendiri menambahkan anggaran pupuk subsidi di tahun 2024 ini dari awalnya Rp 26 triliun saja, ditambah Rp 14 triliun, totalnya menjadi Rp 40 triliun.

Rahmad menjelaskan sejauh ini arahan Jokowi meminta untuk mempercepat penyaluran pupuk subsidi. Dia memaparkan saat ini ada 2 juta ton stok pupuk subsidi yang siap digelontorkan ke petani, 1,1 juta ton di antaranya sudah berada di perwakilan Pupuk Indonesia di setiap kabupaten dan bisa dibeli petani.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurutnya ketersediaan pupuk juga disebut menjadi salah satu strategi pemerintah untuk mengatasi kesulitan pasokan beras yang terjadi. Dengan pupuk tersedia, produksi beras pun bisa dioptimalkan.

"Sesuai arahan dari presiden, untuk mengatasi kesulitan beras ini adalah meningkatkan produksi dan salah satu faktor utama adalah pupuk. Oleh karenanya kita sudah siapkan stok pupuk sebesar 2 juta ton, itu 1,1 juta ton sudah berada di kabupaten-kabupaten dan siap untuk disalurkan," beber Rahmad ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/2/2024).

Targetnya sendiri, di musim tanam pertama 2024 ada total 4,7 juta ton pupuk subsidi yang bakal disalurkan. Tambahan 2,5 juta ton bakal disalurkan di musim tanam kedua.

Pihaknya juga melakukan digitalisasi penyaluran pupuk subsidi untuk melakukan efisiensi dan akurasi penyaluran. Sudah 27 lebih kios besar pupuk yang dimonitor real time dengan aplikasi digital.

Bagi petani, pembelian pupuk subsidi juga bakal dipermudah. Salah satunya adalah cukup penggunaan KTP untuk menebus pupuk subsidi.

"Dan arahan dari pak Mentan dan Presiden mempermudah petani menebus jadi pake KTP saja pakai app yang baru sudah bisa," ujar Rahmad.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.