Note

Emiten Prajogo Pangestu Siapkan Dana Belanja Modal Rp9,3 Triliun Tahun Ini

· Views 34

Pasardana.id-  Emiten milik Prajogo Pangestu tahun ini anggarkan capital expenditure (Capex) sebesar USD 600 juta atau sekitar Rp 9, 3 triliun sesuai dengan kurs Jisdor 12 Februari 2024.

Kedua emiten Barito Pacific tersebut berfokus pada pengembangan usaha masing-masing perusahaan.

Direktur  Chandra Asri Pacific,  Suryandi menyampaikan anggaran belanja modal untuk pembangunan pabrik Chlor Alkali-Ethylene Dichloride (CA-EDC).

Sementara itu, Direktur Barito Renewables Energy,  Merly menyampaikan,  anggaran belanja modal konsolidasi  BREN tahun 2024 ada di kisaran USD 150-200 juta.

 “Capex tersebut akan digunakan untuk operational dan maintenance, kegiatan pengeboran anak usaha, serta pengembangan bisnis anak usaha,” jelas dia kepada media, Selasa(13/2/2024).  

Ia menambahkan, anggaran dana belanja modal tersebut berasal kas operasional perusahaan serta pembiayaan pihak ketiga.

Saat ini Grup Barito Pacific sedang melakukan pengembangan bisnis dan ekspansi besar-besaran. Emiten di bidang petrokimia, TPIA misalnya, meski situasi geopolitik dan sifat industri yang cyclical memiliki pengaruh terhadap kinerja, TPIA tetap konsisten melakukan ekspansi usahanya yang agresif. Untuk membangun pabrik Chlor Alkali-Ethylene Dichloride, TPIA bekerja sama dengan Inalum. TPIA juga mengakuisisi dua anak usaha miliki Krakatau yaitu Krakatau Water Solution dan Krakatau Chandra Energi.

Sementara itu, Barito Renewables sedang dalam proses penyelesaian serentetan akuisisi yang dilakukan oleh Barito Wind, anak usahanya yang berada di sektor energi baru terbarukan tenaga angin. Barito Renewables dalam proses akuisisi PLTB Sidrap 1 dan PT OMI. Barito Renewables juga  mengakusisi late-stage development PLTB di Lombok, Sukabumi dan Sidrap 2 bersama dengan ACEN Renewables International.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.