Note

Moody's Turunkan Peringkat Kredit Israel karena Konflik Hamas

· Views 29
Moody's Turunkan Peringkat Kredit Israel karena Konflik Hamas
Moody's Turunkan Peringkat Kredit Israel karena Konflik Hamas. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Lembaga pemeringkat Amerika Serikat (AS), Moody's, menurunkan peringkat kredit Israel pada Jumat (9/2) sebagai dampak konflik dengan Hamas di Gaza. Moody’s menurunkannya satu tingkat dari A1 menjadi A2. 

Dalam sebuah pernyataan, Moody's mengatakan pihaknya melakukan hal tersebut setelah menilai bahwa "konflik militer yang sedang berlangsung dengan Hamas, dampaknya dan konsekuensi yang lebih luas secara signifikan meningkatkan risiko politik bagi Israel serta melemahkan lembaga eksekutif dan legislatif serta kekuatan fiskalnya, di masa mendatang." 

Itu adalah pertama kalinya Israel diturunkan peringkatnya, Bloomberg melaporkan. 

Moody's juga menurunkan prospek utang Israel menjadi "negatif" karena "risiko eskalasi" dengan kelompok militan Lebanon yang jauh lebih kuat, Hizbullah, yang beroperasi di sepanjang perbatasan utaranya. 

Serangan Hamas di Israel pada 7 Oktober mengakibatkan kematian sekitar 1.160 orang di Israel, sebagian besar warga sipil, menurut penghitungan AFP berdasarkan angka resmi Israel. 

Sebagai tanggapan, Israel melakukan serangan udara dan serangan darat yang menewaskan sedikitnya 27.947 orang di Gaza, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut kementerian kesehatan di wilayah yang dikuasai Hamas. 

Setelah serangan tersebut, S&P Global Ratings menurunkan prospek kredit Israel dari stabil menjadi negatif karena risiko yang dapat meluas akibat konflik Israel-Hamas. 

Fitch – yang merupakan salah satu dari tiga besar lembaga pemeringkat AS – menempatkan Israel pada pengawasan negatif atas risiko konflik. 

“Lingkungan keamanan yang melemah menyiratkan risiko sosial yang lebih tinggi dan mengindikasikan lemahnya lembaga eksekutif dan legislatif dibandingkan penilaian Moody’s sebelumnya,” kata Fitch pada Jumat (9/2) dalam sebuah pernyataan. 

“Pada saat yang sama, keuangan publik Israel memburuk dan tren penurunan rasio utang publik yang diproyeksikan sebelumnya kini telah berbalik,” lanjutnya. 

“Moody’s memperkirakan beban utang Israel akan jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelum konflik terjadi,” tambahnya. 

(DKH)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.