Note

Tips Raup Dividen Saham Syariah Bagi Investor Pemula

· Views 27
Tips Raup Dividen Saham Syariah Bagi Investor Pemula
Tips Raup Dividen Saham Syariah Bagi Investor Pemula (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Investasi saham syariah bisa menjadi pilihan menarik bagi investor pemula yang ingin mendapatkan pendapatan pasif.

Adapun saham syariah tergolong istimewa karena mampu mengakomodasi keinginan investor yang ingin memiliki saham sesuai dengan prinsip agama Islam. 

Berikut ini sejumlah tips agar mendapatkan deviden dari saham syariah dikutip dari IDX Islamic, Sabtu (10/2/2024).

Riwayat pembagian dividen

Pertama, kamu perlu perhatikan riwayat pembagian dividen dari perusahaan yang kamu incar. Perusahaan yang konsisten membagikan dividen biasanya lebih terpercaya dan memiliki fundamental yang baik.

Dividend payout ratio

Kedua, kamu juga perlu perhatikan dividend payout ratio dari perusahaan tersebut. Dividend payout ratio adalah persentase dari laba bersih perusahaan yang dibagikan sebagai dividen. Semakin tinggi dividend payout ratio, semakin besar dividen yang kamu dapatkan.

Dividend yield

Selanjutnya, perhatikan juga dividend yield. Dividend yield adalah perbandingan antara dividen per lembar saham dengan harga saham. Semakin tinggi dividend yield, semakin tinggi keuntungan yang kamu dapatkan dari investasi saham tersebut.

Pertumbuhan laba perusahaan

Terakhir, jangan lupa pertimbangkan pertumbuhan laba perusahaan di masa depan. Pertumbuhan laba juga dapat berpengaruh terhadap besaran dividen yang dibayarkan oleh perusahaan kepada pemegang saham.

Tips Tambahan

Jika kamu mengincar dividen dari investasi saham syariah, kamu dapat memperhatikan saham-saham syariah yang terdapat pada indeks High Dividend 20. Indeks ini terdiri dari 20 saham yang membagikan dividen tunai selama 3 tahun terakhir dan memiliki dividend yield yang tinggi. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.