Note

EUR/USD: Lebih banyak faktor yang mendukung pergerakan ke bawah

· Views 24

Tidak ada yang lebih permanen daripada yang bersifat sementara. Bagi sebagian orang, penurunan EUR/USD mungkin tampak seperti fenomena sementara. Mereka berpendapat bahwa tren penurunan indeks USD masih berlaku, dan periode Januari–Februari mengalami koreksi rutin. Namun, Credit Agricole percaya bahwa dolar AS akan menguat terhadap euro sepanjang tahun, hal ini dijelaskan oleh tiga alasan: perbedaan dalam kebijakan moneter, tingginya permintaan terhadap aset-aset safe-haven, dan penurunan daya tarik euro karena Pengetatan Kuantitatif. (QT).

Ketika tahun 2024 dimulai, investor yakin bahwa ECB dan The Fed akan melonggarkan kebijakan moneter sebesar 150bps. Washington diperkirakan akan mengambil langkah pertama, yang berdampak positif pada EUR/USD. Namun, perkiraan pasar saat ini memperkirakan penurunan suku bunga dana federal pertama kali pada bulan Mei dan penurunan suku bunga deposito pada bulan April. Pakar Bloomberg percaya bahwa Frankfurt akan memulai ekspansi moneter pada bulan April atau Juni. Perkiraan pasar lebih "dovish", dan Credit Agricole menyetujuinya.

Perkiraan para ahli Bloomberg mengenai tingkat ECB

EUR/USD: Lebih banyak faktor yang mendukung pergerakan ke bawah

Semakin lemah perekonomian, semakin cepat penurunan inflasi. Harga konsumen di zona euro kemungkinan akan terus melambat, sementara Amerika Serikat mungkin akan mengalami lonjakan baru dalam CPI dan PCE. Hal ini secara tidak langsung dibuktikan dengan meningkatnya ekspektasi percepatan inflasi dari manajer pembelian sektor jasa.

Akibatnya, ECB akan tergoda untuk bertindak lebih cepat. Dewan Pengurus saat ini sedang mendiskusikan kapan harus mulai melakukan pelonggaran kebijakan moneter. Namun, akan lebih bijaksana jika kita mempertimbangkan seberapa rendah suku bunga yang bisa dicapai. Nilai-nilai mereka saat ini jelas menyebabkan kerugian yang signifikan terhadap perekonomian zona euro.

Dinamika ekspektasi manajer pembelian terhadap inflasi

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Lebih banyak faktor yang mendukung pergerakan ke bawah

Bersamaan dengan penurunan suku bunga, Bank Sentral Eropa bermaksud meluncurkan program pengetatan kuantitatif (QT). Daripada membeli obligasi, mereka akan mulai menjualnya. Dampaknya adalah perluasan selisih kewajiban utang zona euro, yang dianggap sebagai peningkatan risiko politik di blok mata uang. Hal ini mengurangi daya tarik euro dan berkontribusi terhadap penurunan EUR/USD.

EUR/USD: Lebih banyak faktor yang mendukung pergerakan ke bawah

Terakhir, jangan lupakan berbagai risiko yang dihadapi perekonomian global. Eropa lebih dekat dengan zona konflik di Ukraina dan Timur Tengah, membuat perekonomian zona euro lebih rentan. Sementara itu, permintaan terhadap aset-aset safe-haven, terutama dolar AS, semakin meningkat. Ditambah lagi dengan meningkatnya risiko kembalinya Donald Trump ke tampuk kekuasaan dengan kebijakan proteksionisnya, dan tingginya minat investor terhadap negara "Amerika" dengan mudah menjelaskan puncak nilai EUR/USD.

Secara teknis, pada grafik harian, pasangan ini mencapai orientasi target pertama di 1,073 berdasarkan penjualan yang terbentuk sebelumnya. Selama pasangan ini trading di bawah batas bawah kisaran nilai wajar 1.078–1.094, maka "bears" memegang kendali. Dalam kondisi seperti itu, disarankan untuk tetap berpegang pada strategi penjualan EUR/USD yang ada, setidaknya menuju level 1.064.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.