Note

Bitcoin berada di ambang pertumbuhan parabola

· Views 19
Bitcoin berada di ambang pertumbuhan parabola

Analis kripto terkenal Peter Brandt, menilai dinamika mata uang kripto terkemuka saat ini, menyatakan bahwa Bitcoin berada di ambang pertumbuhan parabola. Pernyataan bullishnya, berdasarkan Teori Elliott Wave, mengklaim bahwa grafik BTC baru-baru ini tampaknya meniru pola yang menunjukkan potensi percepatan parabola dalam pertumbuhan harga Bitcoin. Brandt mencatat bahwa Bitcoin berada dalam fase akhir penurunan dan akan memulai siklus kenaikan baru.

Pakar menunjukkan bahwa harga BTC menunjukkan tren kenaikan yang berkelanjutan di sepanjang garis support formasi parabola. Dalam formasi ini, Bitcoin mengikuti siklus empat tahap: crash, bump, bump, dan descending. Oleh karena itu, BTC telah mengalami fase "dump" dan berada di awal siklus baru.

Meskipun hal ini menunjukkan dimulainya pasar bullish baru setelah fase penurunan mata uang kripto, Brandt mencatat bahwa BTC berada dalam fase pertumbuhan baru. Dia menekankan bahwa keteraturan siklus seperti itu telah berulang di masa lalu dan terus berulang.

Akibatnya, jika Bitcoin mempertahankan garis support dari formasi pendakian parabola dan melampaui level resistance, pertumbuhan parabola yang diprediksi oleh analis Bitcoin akan terjadi. Namun, jika BTC gagal mempertahankan level dukungan, pertumbuhan yang diharapkan mungkin tertunda.

Apa yang terjadi pada tingkat makro: Merefleksikan peristiwa-peristiwa pada tahun lalu

Menjauh dari gambaran teknis lokal, mari kita lihat peristiwa yang terjadi di sisi makroekonomi. Pada kuartal pertama tahun lalu, terjadi peristiwa penting yang mempengaruhi pasar mata uang kripto. Kita menyaksikan keruntuhan bank-bank regional yang tidak menyesuaikan risikonya dengan tepat ketika Federal Reserve menaikkan suku bunga dengan cepat. Tampaknya situasi tersebut dapat teratasi pada saat itu berkat The Fed yang menyuntikkan lebih banyak likuiditas ke pasar dan menjual bank-bank yang bermasalah.

Banyak bank, termasuk Signature Bank—yang berfokus pada mata uang kripto—bangkrut. Salah satu bank yang sahamnya anjlok hampir 60% pada tahun 2024 ini melontarkan pertanyaan apakah kejadian serupa bisa terulang kembali.

Menjelang peringatan pertama guncangan awal, saham New York Community Bancorp (NYCB) kehilangan 30% nilainya hanya dalam lima hari.

Apa yang terjadi di tahun 2024

Setahun kemudian, saham bank tersebut terus menimbulkan kekhawatiran. Beberapa ahli percaya bahwa ini menandakan periode yang mengingatkan kita pada peristiwa tahun sebelumnya. Benjamin Cohen mencatat nilai pasar bank tersebut turun ke tingkat tahun 1997, yang menunjukkan bahwa investor tetap tidak terlindungi.

Pada bulan Maret 2023, Bitcoin mengalami fluktuasi mendadak ketika bank-bank regional mulai kolaps, dan Bank Term Funding Program (BTFP) dari Federal Reserve membantu meringankan beban bank-bank yang bermasalah. Namun, program tersebut terhenti dan kini bank harus bertindak independen.

Mantan CEO BitMEX, Arthur Hayes, sebelumnya menekankan risiko volatilitas yang terkait dengan situasi ini. Hayes menyarankan bahwa BTC dapat melihat pemulihan yang mengesankan setelah jatuh ke $30,000 jika skenario serupa terjadi.

Kerugian NYCB menyebabkan penurunan peringkat lagi oleh lembaga pemeringkat Moody's. Indeks CSI 1000 China juga mengalami kerugian triliunan dolar pada kuartal terakhir dan turun sebesar 8% pada tanggal 5 Februari ketika diumumkan tidak akan ada dana talangan.

Semua ini menunjukkan bahwa, meskipun fluktuasi tingkat makro terus berlanjut, harga Bitcoin juga mungkin mengalami volatilitas yang signifikan. Kami mungkin masih dalam tahap awal, namun ada kemungkinan bahwa diskusi ini akan menjadi kenyataan dalam beberapa bulan mendatang.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.