Note

Dolar mengubah statusnya sebagai aset safe-haven menjadi mata uang berimbal hasil: bagaimana pengaruhnya terhadap EUR/USD?

· Views 32

Paradoks pasar utama di awal tahun 2024 adalah penguatan dolar AS dan indeks saham secara bersamaan. Biasanya, dolar AS dianggap sebagai aset safe-haven yang naik selama periode gejolak, resesi, atau bencana alam. Namun, kuatnya perekonomian AS, yang ditunjukkan dengan turunnya indeks volatilitas VIX, mencerminkan kurangnya rasa takut di kalangan investor. Bahkan gempa bumi di Jepang mempunyai dampak yang lebih besar terhadap yen dibandingkan terhadap indeks USD. Dalam kondisi seperti itu, apakah EUR/USD bisa mengalami pelemahan?

Credit Agricole percaya bahwa dolar AS saat ini dilihat oleh pasar bukan sebagai aset safe-haven namun sebagai mata uang imbal hasil. Selera risiko tinggi, dan kejutan positif dari perekonomian AS meningkatkan permintaan untuk trading divergensi. Tidak seperti bank sentral besar lainnya di seluruh dunia, Federal Reserve tidak hanya dapat menurunkan, namun juga menaikkan suku bunga dana federal jika terjadi percepatan inflasi. Hasilnya, daya tarik aset-aset berdenominasi dolar tumbuh, dan arus masuk modal ke Amerika Utara berkontribusi terhadap puncak nilai EUR/USD. Dolar AS sangat disukai terhadap mata uang dengan imbal hasil rendah seperti franc, yen, dan euro.

Dengan latar belakang ini, upaya Bank Sentral Eropa (ECB) untuk menolak ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga sebesar 150 bps menjadi 2,5% pada tahun 2024 tidak lagi menjadi hal yang penting. Menurut anggota Dewan Eksekutif ECB Isabel Schnabel, upaya terakhir untuk memerangi inflasi yang tinggi akan menjadi tantangan yang paling besar.

Dinamika Inflasi Eropa

Dolar mengubah statusnya sebagai aset safe-haven menjadi mata uang berimbal hasil: bagaimana pengaruhnya terhadap EUR/USD?

Pejabat tersebut percaya bahwa tingginya harga di sektor jasa, pasar tenaga kerja yang kuat, kondisi keuangan yang lebih lemah dibandingkan sebelumnya, karena pasar menilai skala ekspansi moneter yang lebih besar dari perkiraan ECB, dan konflik di Laut Merah dapat mempercepat inflasi. Pada akhirnya, permasalahan rantai pasokan dapat muncul kembali dan meningkatkan Indeks Harga Konsumen (CPI). Dalam situasi seperti ini, ECB harus bersabar dan berhati-hati, karena pengalaman historis menunjukkan bahwa harga dapat mencapai puncak baru.

Retorika "hawkish" serupa dan kenaikan tak terduga sebesar 8,9% MoM dalam pesanan manufaktur Jerman pada bulan Desember memberikan bantuan terhadap tenggelamnya euro. Jika perekonomian Jerman mulai pulih, dan ECB tidak terburu-buru menurunkan suku bunga deposito, mengapa EUR/USD tidak mulai mencapai titik terendahnya?

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Dolar mengubah statusnya sebagai aset safe-haven menjadi mata uang berimbal hasil: bagaimana pengaruhnya terhadap EUR/USD?

Pada kenyataannya, nasib pasangan mata uang utama ini lebih bergantung pada kekuatan perekonomian AS, imbal hasil obligasi Treasury AS, serta waktu dan skala ekspansi moneter The Fed. Meskipun pasar telah mengucapkan selamat tinggal pada gagasan bahwa inflasi akan dimulai pada bulan Maret, semua titik di atas "i" akan ditentukan oleh data inflasi AS untuk bulan Januari.

Secara teknis, setelah mencapai level target pertama dari dua level target yang ditetapkan sebelumnya di 1.073 dan 1.064, EUR/USD mengalami rebound yang dapat diprediksi. Bulls melakukan serangan balik, tetapi kekuatan mereka sepertinya tidak cukup untuk mengubah keseimbangan kekuatan yang ada. Oleh karena itu, rebound dari batas bawah kisaran nilai wajar di 1,078 dan level pivot di 1,081 masuk akal untuk digunakan dalam penjualan.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.