Note

Prospek untuk EUR/USD pada 8 Februari. Koreksi yang lambat terus berlanjut

· Views 23

Analisis EUR/USD pada grafik 5M

Prospek untuk EUR/USD pada 8 Februari. Koreksi yang lambat terus berlanjut

EUR/USD terus mengalami koreksi naik pada hari Rabu. Volatilitas sangat lemah, tetapi pasangan mata uang tersebut tetap bergerak ke atas. Euro telah bergerak dalam pola yang cukup mirip dengan pergerakan sideways yang telah kita lihat selama beberapa pekan. Namun, menjelang akhir pekan lalu, "bear" akhirnya mengambil kendali. Laporan AS mendukung "bear", yang sekali lagi menunjukkan bahwa semuanya baik-baik saja dengan ekonomi dan pasar tenaga kerja, dan Federal Reserve dapat terus mempertahankan suku bunga selama yang diperlukan. Karena pasar mengharapkan pemotongan suku bunga pertama pada bulan Maret, informasi ini (dorongan hawkish) mendukung dolar.

Selain itu, pada hari Kamis dan Senin, Jerome Powell, Ketua Federal Reserve, menyampaikan pidato sebanyak dua kali dan mengatakan bahwa pemotongan suku bunga pada bulan Maret adalah hal yang tidak mungkin. Beberapa rekan kerjanya juga menyampaikan pidato, mengonfirmasi bahwa the Fed tidak terburu-buru untuk memangkas suku bunga karena inflasi masih dapat meningkat kembali. Kami percaya bahwa latar belakang fundamental untuk dolar AS hampir ideal saat ini dan penurunan yang kita lihat cukup lemah. Mengenai dua hari terakhir, hampir tidak ada laporan ekonomi, jadi pasar memutuskan untuk menggunakan hal ini untuk memulai gerakan korektif.

Hari ini, pasangan mata uang tersebut mungkin mengalami koreksi naik dan bahkan mencapai garis Kijun-sen. Selanjutnya, kami mengharapkan penurunan untuk melanjutkan, yang tidak mungkin kuat dan cepat. Berbicara tentang sinyal trading, kemarin terbentuk tiga kali pantulan dari level 1,0757. Dalam setiap pantulan tersebut, harga tidak dapat bergerak naik lebih dari 20 pip. Pasangan mata uang tersebut juga gagal terkonsolidasi di bawah level 1,0757 selama hari itu. Dengan demikian, para trader dapat membuka posisi beli berdasarkan sinyal-sinyal ini, tetapi profitnya rendah karena volatilitas yang sangat lemah.

Laporan COT:

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Prospek untuk EUR/USD pada 8 Februari. Koreksi yang lambat terus berlanjut

Laporan COT terbaru tertanggal 23 Januari. Seperti yang terlihat pada grafik di atas, terlihat jelas bahwa posisi bersih trader non-komersial telah bullish selama beberapa waktu. Sederhananya, jumlah posisi beli jauh lebih tinggi daripada jumlah posisi jual. Hal ini seharusnya mendukung euro, tetapi kami masih belum melihat faktor fundamental bagi euro untuk terus menguat. Dalam beberapa bulan terakhir, baik euro maupun posisi bersih telah meningkat. Namun, selama beberapa pekan terakhir, para pemain besar telah mulai mengurangi posisi beli mereka, dan kami percaya bahwa proses ini akan terus berlanjut.

Kami sebelumnya telah menunjukkan bahwa garis merah dan hijau telah bergerak terpisah satu sama lain, yang seringkali mendahului akhir dari sebuah tren. Saat ini, garis-garis ini masih berjauhan. Oleh karena itu, kami mendukung skenario di mana euro akan turun dan tren naik harus berakhir. Selama pekan pelaporan terakhir, jumlah posisi beli untuk kelompok trader non-komersial turun sebesar 9.100, sementara jumlah posisi jual naik sebesar 6.600. Dengan demikian, posisi bersih turun sebesar 15.700. Jumlah kontrak beli masih lebih tinggi daripada jumlah kontrak jual di antara para trader non-komersial, yaitu sebesar 89.000 (sebelumnya 104.000). Selisihnya cukup besar, dan bahkan tanpa laporan COT pun, jelas bahwa euro akan terus turun.

Analisis EUR/USD pada grafik 1H

Prospek untuk EUR/USD pada 8 Februari. Koreksi yang lambat terus berlanjut

Pada grafik 1 jam, tren turun masih berlanjut. Karena perekonomian AS terus menunjukkan hasil yang kuat dan jarang mengecewakan, sementara perekonomian Eropa tetap stagnan, euro mungkin akan terus mengalami penurunan, dan itulah yang kami harapkan. Menurut pendapat kami, hampir semua faktor saat ini mengindikasikan bahwa dolar akan menguat.

Pada tanggal 8 Februari, kami menyoroti level-level berikut untuk trading: 1,0581, 1,0658-1,0669, 1,0757, 1,0823, 1,0889, 1,0935, 1,1006, 1,1092, 1,1137, 1,1185, serta garis-garis Senkou Span B (1,0857) dan Kijun-sen (1,0811). Garis-garis indikator Ichimoku dapat bergerak sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan ketika mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss di titik breakeven jika harga telah bergerak ke arah yang dituju sebanyak 15 pip. Ini akan melindungi Anda dari potensi kerugian jika sinyal ternyata palsu.

Pada hari Kamis, tidak ada peristiwa atau laporan penting yang dijadwalkan di Uni Eropa. Kami hanya dapat menyoroti laporan AS tentang klaim pengangguran yang dirilis setiap pekan. Kami percaya bahwa kita akan terus melihat volatilitas yang lemah dan pergerakan yang bersifat korektif.

Deskripsi grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal di dekat mana tren dapat berakhir. Garis-garis ini tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis-garis indikator Ichimoku, yang diplot pada kerangka waktu 1 jam dari 4 jam. Garis-garis ini memberikan sinyal trading;

Level-level ekstrem adalah garis merah tipis dari mana harga memantul sebelumnya. Garis-garis ini memberikan sinyal trading;

Garis kuning adalah garis tren, channel tren, dan pola teknikal lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk kelompok trader Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.