Note

Menilik Prospek Kinerja dan Saham Garuda (GIAA) di Tengah Risiko Utang Tinggi

· Views 37
Menilik Prospek Kinerja dan Saham Garuda (GIAA) di Tengah Risiko Utang Tinggi
Menilik Prospek Kinerja dan Saham Garuda (GIAA) di Tengah Risiko Utang Tinggi (Foto MNC Media)

IDXChannel - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) akan fokus pada rute-rute penerbangan yang memiliki performa positif dengan optimalisasi jumlah armada. 

Hal ini seiring dengan terjadinya penambahan empat armada Garuda B737-800NG pada 2023, serta menerapkan skema “Power by Hour” dalam sewa pesawat untuk meminimalisir beban sewa pesawat yang saat ini menyumbang 7% terhadap beban operasional. 

Baca Juga:
Menilik Prospek Kinerja dan Saham Garuda (GIAA) di Tengah Risiko Utang Tinggi Garuda Indonesia (GIAA) Buka Rute Penerbangan Jakarta - Doha PP

Dari sisi kinerja keuangan, Analis Saam Panin Sekuritas, Sarkia Adelia memaparkan, kinerja sembilan bulan 2023 perseroan membaik dengan EBITDA yang positif. Namun, katanya, patut dicermati kondisi posisi utang yang masih tinggi dan ekuitas perseroan yang masih negatif.

"Untuk itu, kami merekomendasikan NEUTRAL untuk GIAA. Secara valuasi perseroan diperdagangkan discount dengan EV/EBITDA di 4,8x T12M," kata Sarkia dalam risetnya, Kamis (8/2/2024).

Baca Juga:
Menilik Prospek Kinerja dan Saham Garuda (GIAA) di Tengah Risiko Utang Tinggi Garuda (GIAA) Perdana Beli Sertifikat Penurunan Emisi di Bursa Karbon

GIAA, sambungnya, merupakan pemimpin dalam layanan Full Services Carrier (FSC) di pasar domestik. Perseroan memiliki dua segmentasi pasar yang berbeda, yakni menyediakan layanan FSC dengan maskapai Garuda Indonesia yang mengoperasikan 58 armada.

Selain itu, menyediakan layanan low cost carrier (LCC) melalui maskapai Citilink yang mengoperasikan 45 armada dan lebih fokus menjangkau pasar domestik. 

Baca Juga:
Menilik Prospek Kinerja dan Saham Garuda (GIAA) di Tengah Risiko Utang Tinggi Garuda (GIAA) Terima Penghargaan Maskapai Paling Tepat Waktu di Dunia
Halaman : 1 2 3 4

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.