Note

Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp4,8 Triliun di 2023

· Views 18
Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp4,8 Triliun di 2023
Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp4,8 Triliun di 2023 (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) sukses mengantongi laba bersih sebesar Rp4,8 triliun di sepanjang 2023.

Namun, capaian tersebut terhitung turun 10,5 persen bila dibandingkan perolehan laba di 2022, yang masih sebesar Rp5,36 triliun.

Baca Juga:
Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp4,8 Triliun di 2023 IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Saham UNVR hingga AKRA Layak Dikoleksi

Sementara, penjualan bersih perseroan susut sebesar 6,32 persen menjadi Rp38,61 triliun, dari sebelumnya sebesar Rp41,21 triliun. Secara rinci, penjualan dalam negeri tercatat sebesar Rp37,40 triliun dan penjualan ekspor sebesar Rp1,20 triliun.

Berdasarkan produknya, kebutuhan rumah tangga dan perawatan tubuh sebesar Rp25,15 triliun dan produk makanan dan minuman sebesar Rp13,46 triliun.

Baca Juga:
Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp4,8 Triliun di 2023 Pemegang Saham Resmi Angkat Banjie Yap Jadi Presiden Direktur Unilever (UNVR)

Presiden Direktur UNVR, Benjie Yap, mengatakan bisnis perseroan mulai tumbuh dengan mencatatkan kenaikan penjualan domestik sebesar 3,3 persen, didorong oleh pertumbuhan volume dasar yang positif sebesar 4,3 persen.

"Komitmen kami untuk memperkuat fundamental bisnis tetap menjadi prioritas utama sepanjang tahun 2023," ujar Benjie, dalam keterangan resminya, Rabu (7/2/2024).

Baca Juga:
Unilever (UNVR) Kantongi Laba Rp4,8 Triliun di 2023 Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR?

Meski momentum positif ini terus berlanjut hingga bulan Oktober 2023, lanjut Benjie, pada bulan November dan Desember dampak pergeseran sentimen yang disebabkan oleh situasi geopolitik mengakibatkan penjualan domestik secara akumulatif di 2023 menjadi minus 5,2 persen.

Namun, upaya konsisten untuk menavigasi krisis yang dilakukan perseroan mulai menunjukkan kemajuan pada Januari 2024. 

"Ke depan, kami tetap berkomitmen untuk fokus pada pertumbuhan jangka panjang dengan secara konsisten melaksanakan lima prioritas strategis kami," tutur Benjie.

Lebih lanjut, sepanjang tahun lalu, perseroan telah memperkenalkan sejumlah inovasi di seluruh segmen inti, premium, dan value untuk memenuhi ekspektasi konsumen. Pada segmen premium, UNVR memperkenalkan Lux Body Wash, Vaseline Gluta Hya, Magnum Matcha, dan Rinso Kapsul.

Sementara pada segmen value, perseroan memperluas portofolio dengan meluncurkan Glow & Lovely dan Lifebuoy Dishwash Liquid, peluncuran keduanya melengkapi portofolio di kategori Skin Cleansing dan Dishwash. 

Perseroan juga menjawab tantangan di kategori Beauty and Well-being dengan meluncurkan Ponds Bright Miracles dan memperkenalkan teknologi NIASORCINOL.

Selain itu, untuk memenuhi permintaan yang tinggi akan produk Sun Care dan Serum di kategori perawatan tubuh, Perseroan meluncurkan Citra Body Serum dan Vaseline Sunscreen.

"Seluruh inovasi dari portofolio merek-merek inti perseroan diluncurkan ke pasar didukung oleh adanya peningkatan belanja iklan yang substantial, mencapai 8,4 persen dari penjualan bersih Perseroan di 2023," ungkap Benjie.

Dalam dua bulan terakhir kuartal IV-2023, perseroan menghadapi tantangan eksternal yang tidak terduga, termasuk adanya penyebaran informasi yang tidak benar terkait situasi geopolitik.

Meski tantangan ini berdampak pada bisnis dan operasional, kata Benjie, namun perseroan berhasil mengatasi situasi tersebut dan saat ini mulai melihat perkembangan yang menggembirakan.

"Upaya kami untuk secara konsisten mengklarifikasi informasi yang menyesatkan, serta berkat dukungan yang luar biasa dari para mitra terpercaya dan konsumen setia kami menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan perseroan," pungkas benjie. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.