Note

Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan

· Views 41
Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan
Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan. (Foto: Toyota)

IDXChannel - Saham Toyota Motor Co mencatatkan kenaikan hampir 5 persen, tepatnya 4,72 persen pada perdagangan Rabu (7/2/2024).

Sesaat usai pembukaan perdagangan hari ini, pukul 9.23 WIB, saham Toyota Motor yang melantai di Bursa Jepang sempat naik 7,3 persen di bursa Jepang.

Baca Juga:
Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan Toyota Malaysia Recall Vios dan Veloz, Ternyata Ini Alasannya

Di bursa saham New York, Amerika Serikat (AS), saham Toyota Motor melejit 7,77 persen pada perdagangan Selasa (6/2).

Informasi saja, saham Toyota Motor listing di bursa Amerika Serikat (AS) dengan skema American Depositary Receipts (ADRs).

Baca Juga:
Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan Airbag Rawan Meledak, Toyota Recall 50 Ribu Mobil Rakitan 2003

Meroketnya saham perusahaan induk Astra ini karena Toyota Motor Jepang menaikkan perkiraan laba operasional setahun penuh hampir 9 persen pada hari Selasa (6/2) setelah pendapatan kuartal ketiganya melampaui perkiraan analis berkat pelemahan yen dan kuatnya penjualan mobil dengan margin tinggi dan kendaraan hybrid.

Saham Toyota melonjak setelah pengumuman kerugian awal, dan ditutup 4,8 persen lebih tinggi pada perdagangan sesi kemarin. Ini menjadi kenaikan harian terbesar saham Toyota dalam hampir delapan bulan. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan Jual 11,2 Juta Unit pada 2023, Toyota Kembali Jadi Produsen Mobil Terlaris di Dunia

Laba dan Saham Toyota Motor Jepang Melesat di Tengah Skandal Keselamatan

Prospek yang membaik dari produsen mobil terlaris di dunia ini kontras dengan perkiraan suram dari banyak pesaingnya yang memperingatkan lemahnya pertumbuhan penjualan. Selain itu, perusahaan yang mengumumkan penurunan produksi di tengah tingginya suku bunga dan melambatnya permintaan kendaraan listrik juga sempat membuat pasar pesimis.

Meskipun Toyota termasuk perusahaan yang tertinggal dalam kendaraan listrik bertenaga baterai, namun diperkirakan akan mengungguli pesaingnya tahun ini. Diperkirakan tingginya permintaan akan kendaraan hibrida, yang dirintis lebih dari seperempat abad yang lalu dengan model Prius.

Toyota kemungkinan akan mendapatkan keuntungan dari margin yang relatif lebih tinggi pada kendaraan hibrida dan fakta bahwa beberapa model cenderung lebih mahal, kata analis Seiji Sugiura dari Tokai Tokyo Research Institute.

Sebelumnya, CFO Toyota Yoichi Miyazaki mengatakan Toyota berupaya untuk menyesuaikan produksi agar dapat merespons permintaan model-model populer dengan lebih baik. Strategi ini juga membantu pembuat mobil tersebut menjual kendaraan tanpa menggunakan diskon dan insentif seperti biasanya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.