Note

Petani Tembakau Minta Capres-Cawapres Buktikan Kepeduliannya Terhadap IHT

· Views 25

Pasardana.id - Para petani dan pekerja di sektor tembakau melayangkan keresahannya akibat munculnya pasal-pasal tembakau di Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) Kesehatan kepada calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan bertarung di Pemilihan Umum 2024.

Koordinator Nasional Asosiasi Petani dan Pekerja Tembakau Nusantara (APPTN), Samukrah mengatakan kalau pihaknya meminta kepada Capres dan Cawapres untuk membuktikan kepeduliannya terhadap para pekerja dan petani tembakau di Indonesia.

"Sejauh ini tidak ada keseriusan dan ketegasan dari ketiga pasangan capres, dalam mengangkat nasib petani tembakau dan masa depan industri hasil tembakau," kata Samukrah dalam keterangannya, Selasa, (6/2).

Kata dia, ada jutaan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di sektor pertembakauan, dan sangat menantikan komitmen serta gagasan para calon pemimpin Indonesia untuk menjaga keberlangsungan mata pencaharian mereka. 

"Hal ini sekaligus juga akan menjadi penentu pasangan calon mana yang akan dipilih, saat pencoblosan pada 14 Februari 2024," ujarnya.

Samukrah mengatakan bahwa sektor pertembakauan di Indonesia sedang dalam kondisi tidak baik-baik saja, akibat munculnya berbagai aturan yang bersifat pelarangan pada pasal-pasal tembakau di RPP Kesehatan. 

Karena ini, para pekerja dan petani tembakau ini meminta perhatian dan komitmen dari para Capres dan Cawapres, untuk menunjukkan kepedulian serta gagasan positif terhadap nasib sektor pertembakauan di Indonesia.

Banyaknya pelarangan bagi produk tembakau di RPP Kesehatan, Samukrah mengatakan, dapat mengancam mata pencaharian, kesejahteraan, dan keberlangsungan pekerja dan petani tembakau.

"Bahkan, pelarangan tersebut juga berpotensi berimbas negatif ke pihak lain, termasuk pedagang, pelaku industri kreatif, dan media," tukasnya.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.