Note

USD/JPY: "Bulls" mengambil inisiatif

· Views 48

Pada awalnya, yen benar-benar mengecewakan para pendukungnya. Pada akhir tahun 2023, yen mendapatkan harapan yang signifikan. Karena adanya perbedaan yang diperkirakan dalam kebijakan moneter Federal Reserve dan Bank of Japan (BoJ), pasangan USD/JPY diperkirakan akan turun. Namun, pada awal Februari, yen Jepang kehilangan lebih dari 5% nilainya terhadap dolar AS dan berhak memegang posisi sebagai mata uang berkinerja buruk di antara mata uang G10. Tren ini telah berlangsung selama dua tahun terakhir.

Jika pada tahun 2022-2023, pendorong utama reli USD/JPY adalah keengganan Bank of Japan untuk meninggalkan kebijakan moneter ultra-mudah sementara the Fed secara aktif mengetatkan kebijakannya, semuanya berubah pada tahun 2024. Pada akhir tahun sebelumnya, pasar menuntut terlalu banyak dari Federal Reserve – penurunan 150 bps pada suku bunga federal fund menjadi 4%. Selain itu, Kazuo Ueda dan rekan-rekannya diharapkan untuk meninggalkan taruhan negatif. Namun, tidak semuanya terwujud seperti yang diharapkan.

BoJ memang bergerak menuju normalisasi. Menurut orang dalam Reuters, Dewan Gubernur akan menaikkan suku bunga overnight pada bulan April, meninggalkan penargetan imbal hasil, tetapi terus membeli obligasi sebanyak yang diperlukan untuk menjaga stabilitas pasar utang. Sumber yang mengetahui pemikirannya menyatakan bahwa para investor menginterpretasikan sinyal yang disampaikan oleh Ueda dengan benar.

OECD memprediksi bahwa suku bunga overnight akan naik menjadi 0,7% dalam beberapa tahun.

Di tengah menurunnya biaya pinjaman dari Federal Reserve, divergensi ini seharusnya mendukung penurunan pada USD/JPY.

Dinamika suku bunga the Fed dan bank sentral lainnya

USD/JPY: Bulls mengambil inisiatif

Namun, meskipun segala sesuatunya berjalan sesuai rencana di Jepang, segala sesuatunya tidak berjalan semulus yang diinginkan investor di AS. Dua laporan yang kuat tentang ketenagakerjaan AS, inflasi yang melambat, penjualan ritel yang kuat, dan akselerasi aktivitas bisnis di sektor jasa mengindikasikan bahwa perekonomian AS sedang mendapatkan momentum.

Akibatnya, imbal hasil obligasi Treasury meningkat, menandai reli dua hari terbaik sejak musim panas tahun 2022 setelah rilis statistik pasar tenaga kerja bulan Januari. Korelasi yang signifikan antara suku bunga utang AS dan kuotasi USD/JPY mendorong pasangan mata uang ini untuk naik sehingga melupakan niat Bank of Japan untuk menormalkan kebijakan moneter.

Dinamika USD/JPY dan Imbal Hasil Obligasi AS

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY: Bulls mengambil inisiatif

USD/JPY: Bulls mengambil inisiatif

Menurut pendapat saya, tanpa perlambatan ekonomi dan inflasi AS, tidak masuk akal untuk mengandalkan penguatan yen terhadap dolar AS. Beberapa laporan yang lebih kuat, seperti laporan pasar tenaga kerja AS bulan Januari, dan para investor akan mulai merenungkan apakah the Fed harus melanjutkan siklus pengetatan kebijakan moneter daripada melonggarkannya. Dalam kondisi seperti itu, kepergian Bank of Japan dari suku bunga negatif menjadi tidak terlalu penting.

Secara teknikal, pada grafik harian USD/JPY, kembalinya kuotasi di atas moving average dan nilai wajar mengindikasikan bahwa situasi ini dikendalikan oleh kenaikan. Posisi beli yang terbentuk sebelumnya harus dipertahankan dan ditingkatkan pada penembusan resistance di 148,8. Target awal termasuk level di 150,1 dan 151,25.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.