Note

GBP/USD. 6 Februari. Pound Meninggalkan Kisaran Sideways, Dan Bears Segera Menjadi Lebih Aktif

· Views 31

Pada grafik per jam, pasangan GBP/USD pada hari Senin menguat di bawah zona support 1.2584-1.2611, mengakhiri kisaran sideways selama satu setengah bulan. Pasangan ini turun ke level 1.2513, dan dapat dianggap sebagai rebound dari level tersebut. Dengan demikian, pembalikan arah yang mendukung mata uang Inggris telah terjadi, dan saat ini kita dapat mengantisipasi kenaikan menuju zona 1.2584-1.2611. Rebound dari zona ini lagi akan memungkinkan ekspektasi penurunan pound menuju level 1.2513 dan 1.2453.

GBP/USD. 6 Februari. Pound Meninggalkan Kisaran Sideways, Dan Bears Segera Menjadi Lebih Aktif

Situasi gelombang masih sangat ambigu. Tren cukup berjangka pendek; hampir setiap saat, kita melihat gelombang tunggal atau kembar tiga yang bergantian satu sama lain dan berukuran kurang lebih sama. Sentimen trader telah bergeser menjadi "bearish", yang memungkinkan antisipasi penurunan Pound yang berkepanjangan. Gelombang turun terbaru dengan percaya diri dan dalam menembus titik terendah gelombang sebelumnya, namun kuncinya adalah keluar dari kisaran sideways, yang mengindikasikan transisi ke tahap tren "bearish". Sekarang saya memperkirakan gelombang korektif ke atas, setelah itu penurunan baru dalam pound.

Latar belakang informasi pada hari Senin memiliki kekuatan moderat dan sebagian mempengaruhi penurunan pasangan GBP/USD. Powell kembali hawkish, Indeks Aktivitas Bisnis Non-Manufaktur ISM lebih kuat dari ekspektasi trader, dan Indeks Aktivitas Bisnis Jasa Inggris tidak mempengaruhi sentimen pasar. Menurut pendapat saya, penurunan Pound setelah kisaran sideways yang panjang dikaitkan dengan hasil pertemuan Bank of England dan The Fed minggu lalu, serta statistik ekonomi yang kuat di Amerika Serikat, yang mengindikasikan bahwa FOMC memiliki dasar yang diperlukan untuk mempertahankan tingkat suku bunga pada puncaknya untuk beberapa waktu. Powell secara eksplisit menyatakan kemarin bahwa tidak ada ancaman resesi terhadap ekonomi AS, dan inflasi belum cukup menurun untuk mulai melonggarkan kebijakan.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
GBP/USD. 6 Februari. Pound Meninggalkan Kisaran Sideways, Dan Bears Segera Menjadi Lebih Aktif

Pada grafik 4 jam, pasangan ini menguat di bawah level 1.2620, menandakan selesainya kisaran sideways dan memungkinkan ekspektasi penurunan menuju level 1.2450. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sentimen trader mulai bergeser menjadi "bearish" setelah berkonsolidasi di bawah koridor tren naik, namun butuh waktu satu setengah bulan bagi bear untuk melakukan serangan. Tidak ada divergensi yang muncul yang terlihat pada indikator mana pun saat ini.

Laporan Komitmen Pedagang (COT):

GBP/USD. 6 Februari. Pound Meninggalkan Kisaran Sideways, Dan Bears Segera Menjadi Lebih Aktif

Sentimen kategori trader "Non-komersial" tidak banyak berubah selama minggu laporan terakhir. Jumlah kontrak long yang dipegang oleh para spekulan meningkat sebanyak 4900 unit, dan jumlah kontrak short meningkat sebanyak 2184 unit. Sentimen keseluruhan dari para pemain utama bergeser menjadi "bearish" beberapa bulan yang lalu, namun saat ini, bulls masih memiliki keunggulan yang signifikan. Terdapat selisih hampir dua kali lipat antara jumlah kontrak long dan short: 77 ribu melawan 43 ribu.

Dalam pandangan saya, pound masih memiliki prospek penurunan yang sangat baik. Saya percaya bahwa seiring berjalannya waktu, bulls akan mulai menyingkirkan posisi beli, karena semua faktor yang memungkinkan untuk membeli pound Inggris telah bekerja. Pertumbuhan yang telah kita lihat dalam tiga hingga empat bulan terakhir, menurut saya, bersifat korektif. Bulls tidak mampu mendorong level 1.2745 selama hampir dua bulan. Namun, bears tidak terburu-buru untuk melakukan serangan dan tidak dapat mengatasi zona 1.2584-1.2611.

Kalender berita untuk AS dan Inggris:

Pada hari Selasa, kalender peristiwa ekonomi tidak berisi entri yang menarik. Dampak latar belakang informasi pada sentimen pasar hari ini tidak akan ada.

Perkiraan untuk GBP/USD dan saran trader:

Penjualan pasangan ini dapat dipertimbangkan pada konsolidasi di bawah zona support 1.2584-1.2611 dengan target 1.2513. Target ini hampir tercapai. Hari ini, penjualan dimungkinkan pada penutupan di bawah 1.2513 atau pada rebound dari zona 1.2584-1.2611. Pembelian dimungkinkan pada rebound dari 1.2513 pada grafik per jam dengan target 1.2584.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.