Note

Emiten Grup Bakrie Gadaikan Saham Demi Pinjaman USD150 Juta

· Views 30

Pasardana.id - PT Energi Mega Persada Tbk (IDX: ENRG) telah menggadaikan saham perseroan dan sahamnya pada beberapa anak usaha sebagai jaminan pinjaman senilai USD150 juta oleh anak usaha kepada Deutsche Bank cabang Singapura dan lembaga keuangan. 

Jelasnya, EMP Bentu Limited, anak usaha ENRG meraih fasilitas pinjaman senilai USD150 juta dari bank asing dan lembaga keuangan asing pada tanggal 30 November 2023.

Mengutip keterangan resmi emiten minyak dan gas (Migas) grup Bakrie ini, bahwa pinjaman baru ini untuk memperbaiki kondisi modal kerja guna pengembangan kegiatan operasi untuk peningkatan volume produksi aset-aset.

Pasalnya, kewajiban jangka pendek lebih besar dari aset lancar seperti tertera dalam laporan keuangan tahun 2022.

Dalam laporan tersebut, dicatatkan aset lancar hanya USD180 juta, sedangkan kewajiban lancar mencapai USD338 juta.

Kondisi tersebut tak banyak berubah jika mengacu laporan keuangan sembilan bulan 2023. ENRG melaporkan kewajiban jangka pendek mencapai USD371,61 juta, tapi aset lancar hanya USD195,33 juta.

“Hal ini menjadikan ENRG mengalami kondisi modal kerja yang mana jumlah Liabilitas Jangka Pendeknya lebih besar dari Aset Lancarnya. Sehingga perseroa melakukan efisiensi atas biaya-biaya operasi berjalan, restrukturisasi dan penjadwalan kembali atas kewajiban-kewajibannya yang sudah dan akan jatuh tempo, dan peningkatan volume produksi dari aset-aset yang sudah ada,” papar manajemen ENRG.

Dampaknya, anak usaha ENRG tersebut berkewajiban membayar bunga 5,5 persen ditambh SOFR berjangka (1 bulan) per tahun hingga jatuh tempo pada tanggal 3 Desember 2027.

Selain itu, ENRG, EMP Bentu dan dua anak usaha lainnya yakni; Tunas Harapan Perkasa dan Imbang Tata Alam dilarang memberikan jaminan atas aset-aset yang telah dijaminkan kepada kreditur.

Adapun aset yang dijaminkan kepada kreditur dalam hal ini Deutsche Bank cabang Singapura, Indies Special Opportunities III Ltd dan Indies Special Opportunities IV Ltd adalah :

  • Jaminan Rekening EMP Bentu, India Tata Alam dan ENRG di Singapura
  • Gadai Rekening EMP Bentu dan India Tata Alam di Indonesia
  • Mortgage saham milik Tunas Harapan Perkasa di EMP Bentu
  • Gadai Saham ENRG dan Tunas Harapan Perkasa di India Tata Alam
  • Mortgage Saham milik ENRG di Energi Mega Pratama Inc
  • Jaminan Fidusia atas Piutang EMP Bentu, India Tata Alam

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.