Note

LBMA memprediksi bahwa emas dan perak akan memimpin pada tahun 2024

· Views 33

LBMA memprediksi bahwa emas dan perak akan memimpin pada tahun 2024

Menurut survei terbaru oleh London Bullion Market Association (LBMA), emas berpotensi mencatatkan rekor harga baru pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya, meskipun awal tahun ini dimulai dengan agak lambat. Survei tersebut mengungkapkan pandangan yang berbeda di antara para analis mengenai faktor-faktor utama yang memengaruhi harga logam mulia.

Survei tersebut mencatat bahwa sebesar 25% analis percaya bahwa kebijakan moneter Amerika Serikat akan menjadi faktor paling signifikan. Dan dengan jumlah yang sama—22% analis percaya bahwa harga akan dipengaruhi oleh permintaan dari bank sentral atau risiko geopolitik.

Melampaui perkiraan rata-rata biasa, terdapat sentimen bullish yang konsisten di antara para analis. Laporan tersebut juga mencatat bahwa semua analis yang disurvei mengharapkan harga baru yang mencatatkan rekor pada tahun ini.

Analis yang paling bullish adalah Chantelle Schieven, kepala riset di Capitalight Research. Dari sudut pandangnya, harga emas tahun ini dapat mencapai $2.400 per ons, dengan harga rata-rata sekitar $2.170 per ons.

Shiven mengatakan bahwa bank sentral, terutama Federal Reserve System Amerika Serikat, akan mulai menurunkan tingkat suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. Terdapat harapan bahwa sepanjang tahun 2024, tingkat suku bunga akan turun di semua perekonomian maju di seluruh dunia. Permintaan bank sentral untuk emas mencapai level rekor pada tahun 2022-2023. Periode penarikan emas secara bertahap dari sistem moneter internasional dari tahun 1990 hingga 2008 telah berlalu. Kini, ketakutan akan sanksi keuangan Barat mendorong bank sentral untuk kembali ke cadangan asli—emas. Negara-negara berupaya untuk de-dolarisasi. Akibatnya, terhadap latar belakang krisis apapun, logam kuning tersebut dapat mengalami pertumbuhan secara mendadak dalam beberapa tahun mendatang.

James Steele, analis logam mulia utama di HSBC, juga ternyata menjadi analis yang optimis. Menurut pandangannya, emas akan diperdagangkan antara $1.825 dan $2.200 per ons, dengan harga rata-rata sekitar $1.947 untuk tahun tersebut.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
LBMA memprediksi bahwa emas dan perak akan memimpin pada tahun 2024

Sementara itu, para analis bahkan lebih optimis terhadap perak daripada emas. Harga perak rata-rata untuk tahun ini diperkirakan sekitar $24,80 per ons. Angka ini 6,2% lebih tinggi dari harga rata-rata pada tahun 2023, yaitu $23,35. Harga rata-rata juga 7% lebih tinggi dari rata-rata yang diamati pada bulan pertama tahun baru.

Julia Du, analis logam mulia di ICBC Standard Bank, adalah pakar dengan perkiraan perak paling optimis. Dari sudut pandangnya, perak akan diperdagangkan antara $20 dan $30 sepanjang tahun ini, dengan harga rata-rata tahunan sekitar $27 per ons.

Pendapatnya sejalan dengan analis lain yang memperkirakan bahwa proyeksi penurunan suku bunga Federal Reserve dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sehingga meningkatkan permintaan perak. Korelasi dengan emas, terutama ketika harga logam mulia ini naik, kemungkinan akan menyebabkan harga perak naik.

Selain itu, dukungan dari dolar yang lebih lemah karena ekspektasi penurunan suku bunga dan sikap yang tidak terlalu hawkish dari ECB dan Bank of England dapat membantu perak mencapai $30 pada tahun 2024.

Analis pasar perak yang paling bearish adalah Debajit Saha, analis logam utama di Refinitiv. Perkiraannya menunjukkan bahwa perak akan diperdagangkan antara $20,50 dan $26,76 per ounce, dengan harga rata-rata sekitar $22,50 per ounce pada tahun 2024. Tampaknya, emas dan perak akan memimpin sektor logam mulia.

LBMA memprediksi bahwa emas dan perak akan memimpin pada tahun 2024

Adapun untuk platinum, para analis melihat potensi yang lebih kecil, dan bahkan lebih kecil lagi pada paladium.

Harga rata-rata platinum diperkirakan sebesar $1.015, yang merupakan 5,2% lebih tinggi daripada harga rata-rata tahun sebelumnya sebesar $952,88 per ons.

Paladium akan terus mengalami penurunan karena harga tetap berada dalam tren penurunan secara umum. Perkiraan menunjukkan harga rata-rata sekitar $1.060,10 per ons untuk tahun ini, jauh lebih rendah daripada harga rata-rata tahun sebelumnya di $1.337,39 per ons.

Secara keseluruhan, para analis memprediksi bahwa harga emas dan perak akan memimpin pada tahun 2024, dengan harga rata-rata naik lebih dari 6%.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.