Note

Menebak Arah Saham GOTO usai Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun

· Views 48
Menebak Arah Saham GOTO usai Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun
Menebak Arah Saham GOTO usai Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun. (Foto: GoTo)

IDXChannel – Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) terkoreksi hingga penutupan sesi I, Selasa (6/2/2024). Sebelumnya, sebuah transaksi jumbo terjadi di saham GOTO lewat pasar negosiasi pada Senin (5/2).

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham GOTO turun 1,19 persen ke Rp83 per saham. Nilai transaksi tercatat mencapai Rp86,97 miliar dan volume perdagangan 1,04 miliar saham.

Baca Juga:
Menebak Arah Saham GOTO usai Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun Terungkap, Intip Pelaku Transaksi Nego Rp1,33 Triliun di Saham GOTO

Saham GOTO melanjutkan penurunan 6,67 persen pada Senin (5/2). Dengan demikian, saham ini sudah turun 4,60 persen dalam sepekan dan minus 5,68 persen dalam sebulan.

Secara teknikal, dalam grafik harian, GOTO tertahan di bawah garis moving average 10 (level 85) dan MA 20 (level 87). GOTO juga masih tertahan di bawah level penting berupa garis MA 50 (level 90).

Baca Juga:
Menebak Arah Saham GOTO usai Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO

Penurunan lanjutan akan membuat saham GOTO berpotensi menguji level support terdekat di level 78 dan 76.

Untuk indikator momentum, stochastic oscillator sudah mendekati wilayah oversold, tetapi belum membentuk golden cross (sebagai salah satu sinyal pembalikan arah).

Baca Juga:
Menebak Arah Saham GOTO usai Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun Analisis Saham GOTO Pasca Rampung Lepas Tokopedia dan Rugi Rp88 Triliun

Sebelumnya, menurut data perdagangan, Senin (5/2), sebuah transaksi terjadi di saham GOTO via pasar negosiasi dengan nilai mencapai Rp1,33 triliun yang terjadi sesaat setelah bel pembukaan perdagangan berbunyi.

Volume bersih mencapai 162 juta lot atau 16,2 miliar saham. Harga jual-beli rata-rata mencapai Rp82 per saham.

Belakangan diketahui, itu merupakan transaksi tutup sendiri (crossing) antara investor yang difasilitasi broker PT Maybank Sekuritas Indonesia (kode: ZP).

Transaksi crossing merupakan kesepakatan dua pihak dengan difasilitasi oleh anggota bursa (sekuritas) yang sama.

Namun, belum ada keterbukaan informasi dari pihak GOTO terkait aksi crossing di pasar negosiasi tersebut.

Yang terang, harga tersebut terhitung lebih rendah alias diskon jika dibandingkan range harga saham GOTO di pasar reguler yang mencapai Rp85-Rp91 per saham pada Senin.

Selain investor via Maybank Sekuritas, ada juga transaksi crossing menggunakan CGS-CIMB Sekuritas (YU) senilai Rp2 miliar di harga rata-rata Rp85 dan investor via Stockbit Sekuritas (XL) senilai Rp133 juta di harga Rp2 per saham.

Nama terakhir tampaknya merupakan bagian dari transaksi GoTo Peopleverse Fund (GPF).

Sebelumnya, GOTO dan TikTok resmi merampungkan transaksi pengambilalihan saham PT Tokopedia pada Rabu (31/1/2024).

TikTok mengambil 38.198.745 saham baru, dengan nilai pengambilalihan mencapai USD840 juta atau Rp13,19 triliun, yang dibayarkan secara tunai serta promissory note sebesar USD1 miliar atau Rp15,53 triliun.

Alhasil, struktur kepemilikan Tokopedia adalah 75,01% TikTok, dan 24,99% oleh GOTO. Dengan transaksi ini, maka bisnis Tokopedia dan TikTok Shop Indonesia bergabung di bawah PT Tokopedia, yang dimiliki bersama oleh GoTo dan TikTok sebagai mitra strategis.

Dengan demikian, TikTok resmi menjadi pemegang saham pengendali Tokopedia.

Di samping itu, GOTO juga berencana melakukan buyback saham setelah Tokopedia resmi diakuisisi oleh TikTok.

"Seiring dengan profitabilitas dan perbaikan arus kas GoTo, kami akan mengoptimalkan penggunaan modal, sejalan dengan rencana alokasi modal yang tengah disusun. Rencana tersebut termasuk antara lain inisiatif pembelian kembali (buyback) saham, dengan persetujuan regulator dan pemegang saham,” kata Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, Rabu (31/1/2024). (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.