Note

Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi

· Views 31
Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi
Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks dolar Amerika Serikat (AS) bertahan di sekitar 104,4 pada perdagangan Selasa (6/2/2024), mendekati level tertinggi dalam hampir tiga bulan.

Penguatan dolar AS (DXY) karena didukung data ekonomi AS yang kuat dan sinyal hawkish dari bank sentral AS The Federal Reserve (The Fed) mengurangi ekspektasi penurunan suku bunga tahun ini.

Baca Juga:
Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi Harga Emas Antam (ANTM) Hari Ini Turun Jadi Rp1.140.000 per Gram

Dolar sudah menguat 2,94 persen secara year to date (ytd) dan sudah menguat 1,95 persen secara bulanan. (Lihat grafik di bawah ini.)

Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi

Baca Juga:
Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi BI: Nilai Tukar Rupiah Diprediksi Menguat di Pertengahan 2024

Komentar terbaru ketua The Fed semakin membebani pasar di tengah dorongan penurunan suku bunga. Dilansir dari Reuters pada Senin (5/2), Powell saat diwawancarai program televisi CBS 60 Minutes baru-baru ini semakin menekankan bank sentral tak ingin buru-buru menurunkan suku bunga.

“Hal yang sebaiknya dilakukan adalah memberi waktu untuk mengonfirmasi bahwa inflasi turun ke 2 persen secara berkelanjutan. Kami ingin menjawab pertanyaan tersebut dengan hati-hati,” kata Powell. 

Baca Juga:
Dolar Dekati Level Tertinggi 3 Bulan Bikin Rupiah Keok Lagi Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024

Dia menambahkan bahwa bank sentral kemungkinan akan bergerak dengan kecepatan yang jauh lebih lambat dalam menurunkan suku bunga dibandingkan ekspektasi pasar. Pasar kini memperkirakan peluang penurunan suku bunga The Fed hanya sebesar 15 persen pada bulan Maret dan memperkirakan penurunan total sebesar 115 basis poin tahun ini, turun dari sekitar 150bps pada awal Januari.

Selain itu, data yang dirilis pada Senin (5/2) menunjukkan bahwa pertumbuhan sektor jasa AS alias PMI Jasa ISM AS meningkat ke level tertinggi dalam empat bulan di 53,4 pada bulan Januari. Angka ini melebihi perkiraan sebesar 52. Angka PMI jasa sebelumnya berada di level 50,5 pada bulan Desember 2023.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.