Note

Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024

· Views 42
Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024
Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024. (Foto: REUTERS/Mike Segar)

IDXChannel - Inflasi dan pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) akan menjadi tantangan terbesar pasar saham global pada 2024, menurut para trader yang disurvei oleh JPMorgan.

Sekitar 27% trader melihat inflasi sebagai isu terbesar, sementara 20% trader memilih pilpres AS pada November mendatang.

Baca Juga:
Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024 Ekonom Kontroversial Menang Pilpres Argentina, Janji Tutup Bank Sentral

Obligasi dan ekuitas menguat akhir tahun lalu di tengah harapan bahwa melambatnya inflasi akan mendorong penurunan suku bunga bank sentral pada tahun ini. Namun, optimisme  tersebut agak mereda pada awal tahun. Data pekerjaan AS yang lebih kuat dari perkiraan memicu aksi jual Treasury AS terbesar sejak September 2023.

Pasar juga bersiap menghadapi volatilitas lebih lanjut seiring dengan semakin dekatnya pilpres AS. Eks presiden Donald Trump dan petahana Joe Biden diperkirakan akan kembali bertarung tahun ini.

Baca Juga:
Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024 Pendiri Foxconn Mundur untuk Maju di Pilpres Taiwan

"Fokus yang lebih besar pada faktor makro dan peristiwa berisiko dapat mendorong volatilitas jangka pendek," Kepala Pasar Digital Global JPMorgan Eddie Wen mengatakan, dilansir dari Reuters pada Selasa (6/2/2024).

"Ada pula fokus khusus pada rilis angka lapangan kerja bulanan dan inflasi AS," tambahnya.

Baca Juga:
Survei JPMorgan: Inflasi dan Pilpres AS Tantangan Terbesar Pasar Saham Global pada 2024 Menangi Pilpres Turki, Erdogan Janji Turunkan Inflasi

Kekhawatiran terhadap resesi, yang menduduki puncak survei tahun lalu, turun ke posisi ketiga dengan angka 18% karena pertumbuhan ekonomi melebihi ekspektasi.

Perang di Eropa dan di Timur Tengah mengikuti di peringkat empat dengan angka 14%. Invasi Rusia di Ukraina tidak menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, sementara krisis Palestina-Israel ditakutkan menjadi konflik berskala regional atau bahkan global. (WHY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.