Note

EUR/USD. Pratinjau pekan ini. Semua mata tertuju pada Fed

· Views 48

Pasangan EUR/USD mengakhiri minggu ini di level 1,0787, bereaksi terhadap data pasar tenaga kerja AS terbaru. Pekerjaan nonfarm payroll AS jauh melebihi ekspektasi, sehingga greenback dengan mudah mendapatkan kembali posisinya yang hilang. Pasangan ini mendekati level 1,09 hanya beberapa jam sebelum rilis, namun data pasar tenaga kerja menguntungkan mata uang AS dan menyelamatkan situasi.

Grafik mingguan EUR/USD menunjukkan tren penurunan yang konsisten selama tiga minggu berturut-turut. Secara keseluruhan, tren turun (termasuk kemunduran bullish yang cukup besar) telah terjadi sejak akhir bulan Desember. Pada saat itu, pasangan mata uang ini mencapai titik tertinggi dalam enam bulan (1.1140), kemudian berbalik arah dan terus meluncur ke bawah sejak saat itu.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. Pratinjau pekan ini. Semua mata tertuju pada Fed

Perhatikan bahwa penjual telah menguji level 1,07 lebih dari sekali, sehingga menguntungkan pertumbuhan impulsif greenback. Masalahnya ada di tempat lain: penjual tidak mau melangkah lebih jauh – mereka mengambil keuntungan, sehingga menetralisir semua pencapaian sebelumnya.

Kami tidak tahu apakah ini akan terjadi lagi. Dilihat dari dinamika pergerakan turun pada hari Jumat, harga bisa saja jatuh lebih dalam dari titik 1.0787 jika perdagangan berlanjut hingga hari Sabtu. Namun, akhir pekan telah tiba, jadi intrik utamanya kini terletak pada pertanyaan sederhana: apakah antusiasme terhadap Nonfarm Payrolls sudah memudar, atau apakah dolar telah menerima dukungan jangka panjang? Dalam kasus pertama, pasangan ini kemungkinan akan mengalami koreksi pada hari Senin; dalam kasus kedua, harga akan turun menuju level 1.07 tanpa adanya dukungan terhadap kenaikan.

Ada intrik di sini, karena Nonfarm Payrolls yang kuat, di satu sisi, secara fundamental mengubah gambaran pasangan ini, secara signifikan memperkuat posisi greenback. Di sisi lain, penilaian Federal Reserve juga penting, dan belum ada perwakilan bank sentral yang mengomentari data tersebut.

Sehari sebelum data Nonfarm Payrolls dirilis, Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral harus menurunkan suku bunga lebih cepat jika pasar tenaga kerja melemah. Meskipun dalam penerapan skenario dasar (perekonomian yang kuat, pasar tenaga kerja yang kuat), The Fed "mampu" untuk lebih berhati-hati dalam masalah ini.

Ini adalah pernyataan yang agak kabur yang merinci tindakan yang mungkin dilakukan The Fed jika pasar tenaga kerja AS melemah. Namun, "skenario dasar" Powell sedang diterapkan, sehingga menimbulkan pertanyaan - apa yang dimaksud dengan "berhati-hatilah dalam melonggarkan kebijakan moneter"? Apakah ini berarti bank sentral akan mempertahankan suku bunga pada level saat ini di bulan Mei? Atau apakah kemungkinan penurunan suku bunga di bulan Mei masih terbuka, meskipun Nonfarm Payrolls kuat? Dan apakah ekspektasi hawkish para trader terlalu berlebihan, mengingat fakta bahwa The Fed siap untuk melonggarkan kebijakan moneternya tahun ini, satu-satunya pertanyaan adalah kapan tepatnya Bank Dunia akan memulai proses ini?

Ada banyak pertanyaan, sehingga minggu mendatang tidak akan menjadi minggu yang mudah bagi para pembeli dolar. Ada beberapa laporan penting untuk greenback - di antaranya adalah Indeks Manajer Pembelian Non-Manufaktur ISM (5 Februari), data neraca perdagangan AS (7 Februari), dan data pasar tenaga kerja mingguan (8 Februari). Oleh karena itu, trader EUR/USD, serta semua pasangan dolar lainnya, akan fokus pada retorika perwakilan Fed.

Pada hari Senin, Ketua Fed Jerome Powell akan menyuarakan posisinya, serta Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic. Pada hari Selasa, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester. Pada hari Rabu, anggota Dewan Federal Reserve Adriana Kugler dan Michelle Bowman, serta Presiden Fed Richmond Thomas Barkin. Pada hari Jumat, Presiden Fed San Francisco Mary Daly.

Jika mereka memperketat retorika mereka sebagai respons terhadap kenaikan indikator pro-inflasi (rata-rata pendapatan per jam meningkat sebesar 4,5% pada bulan Januari, dengan perkiraan sebesar 4,1%), serta peningkatan tajam dalam jumlah pekerja (353,000, dengan perkiraan 187,000), dolar akan menerima dukungan tambahan. Dalam hal ini, penjual tidak hanya akan berkonsolidasi di bawah 1,0800 tetapi juga membuka cakrawala harga baru, dengan target di 1,0750 dan 1,0700. Mengingat retorika sebelumnya dari banyak anggota The Fed yang terdaftar, ini adalah skenario dasar. Namun, skenario alternatif juga mungkin terjadi, dimana sikap hawkish The Fed akan terbatas hanya pada pertemuan bulan Maret (yang sudah jelas), dan prospek pertemuan bulan Mei akan tetap dipertanyakan. Dalam kasus seperti ini, dolar akan kehilangan momentumnya lagi, dan kenaikan mungkin akan membawa pasangan mata uang ini kembali ke wilayah 1.08.

Menurut CME FedWatch Tool, kemungkinan penurunan suku bunga pada pertemuan bulan Maret saat ini hanya 34%. Sedangkan untuk pertemuan bulan Mei, kemungkinan penurunan suku bunga sebesar 25 poin (dengan asumsi status quo dipertahankan pada bulan Maret) adalah 59%. Pesan hawkish/dovish dari The Fed dapat menyesuaikan skenario ini, sehingga secara signifikan mempengaruhi posisi greenback. Jadi, semua perhatian tertuju pada The Fed!

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.