Note

Airlangga Sebut Ekonomi Maluku Utara-Sulawesi Tengah Moncer Berkat Hilirisasi Jokowi

· Views 14
Airlangga Sebut Ekonomi Maluku Utara-Sulawesi Tengah Moncer Berkat Hilirisasi Jokowi
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto/Foto: Kemenko Perekonomian
Jakarta

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaporkan ekonomi Maluku Utara dan Sulawesi tengah tumbuh secara impresif. Menurutnya, kondisi ini didorong oleh program hilirisasi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hal ini disampaikan dalam paparannya di acara Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 2023. Airlangga mengatakan, Maluku Utara pertumbuhannya mencapai 20,49% dan Sulawesi Tengah sebesar 11,91%.

"Jadi kalau di daerah seperti Maluku Utara dan Sulawesi Tengah jelas kalau itu gara-gara hilirisasi. Tentu pada saat pabriknya berproduksi, produksinya meningkat nah pertumbuhannya akan meloncat ini program hilirisasi Pak Jokowi," katanya di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Ekonomi, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Adapun kedua wilayah tersebut ditopang oleh hilirisasi dari pada logam ataupun nikel. Airlangga menerangkan, ketika pabrik beroperasi, ini akan membuat pertumbuhan ekonomi melesat.

Airlangga mengatakan, Indonesia menjadi salah satu negara yang ekonominya bertumbuh kuat. Indonesia juga menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan tertinggi di dunia. Badan Pusat Statistik (BPS) baru melaporkan, pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,05% pada 2023 ini secara tahunan (year-on-year).

"Ini dengan Vietnam sejajar dari segi pengendalian inflasi Indonesia juga lebih baik di mana Bisa bisa menahan inflasi di angka 2,61% inflasi kita itu. Sehingga inflasi kita itu sebagai top lima di bawah kita atau di atas kita Jepang, Arab Saudi, Italia, dan China," ujar Airlangga, dalam paparannya.

(shc/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.