Note

Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO

· Views 59
Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO
Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO. (FOTO: MNC Media)

IDXChannel - Akuisisi Tokopedia oleh TikTok telah tuntas pada 1 Februari 2024, setelah diumumkan pada Desember 2023 lalu. Meski demikian GOTO masih akan memperoleh keuntungan.

Sebelumnya dijelaskan bahwa TikTok resmi mengendalikan Tokopedia dengan kepemilikan 75,01%, sementara PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) masih memiliki 24,99%.

Baca Juga:
Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO Rilis Pertumbuhan Ekonomi RI-Sentimen Negatif GOTO Bikin IHSG Sesi I Turun

GOTO mengumumkan rincian transaksi ini terdiri atas 3 bagian, pertama perjanjian pembelian aset oleh Tokopedia dari TikTok, berupa kontrak bisnis dan hak eksklusif untuk memiliki dan mengoperasikan TikTok Shop di Indonesia senilai USD340 juta atau setara Rp5,34 triliun.

Berikutnya, Tokopedia menerbitkan saham baru yang diserap oleh TikTok dengan suntikan modal USD840 juta atau setara Rp13,19 triliun ke Tokopedia. Pada saat yang bersamaan, Tokopedia akan menerima promissory notes dari TikTok senilai USD1 miliar atau setara Rp15,7 triliun.

Baca Juga:
Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO IHSG Sesi I Melemah ke 7.211, Saham LMAX dan GOTO Jadi Pemberat

Termasuk bagian dari dari transaksi ini, GOTO akan mendapatkan pendapatan dari service fee dari setiap gross merchandise value (GMV) yang dihasilkan oleh Tokopedia. Persentase service setara dengan 40bps untuk setiap GMV yang dihasilkan.

Pada kuartal III-2023 GMV gabungan antara TikTok Shop dan Tokopedia mencapai USD2,9 miliar. Dengan indikasi tersebut, GOTO sedikitnya bisa mendapatkan pendapatan service fee sebesar USD11,4 juta atau setara dengan Rp176,7 miliar untuk setiap kuartal. Bila disetahunkan maka pendapatannya tidak kurang dari USD45 juta atau Rp697,5 miliar.

Baca Juga:
Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO Ada Transaksi Nego Rp1,33 Triliun di Harga Diskon, Saham GOTO Terkoreksi

"Pendapatan service fee ini bisa menjadi pendapatan rutin bagi GOTO tanpa harus mengeluarkan modal dalam persaingan e-commerce. Ini signifikan untuk GOTO," ujar Edo Ardiansyah PT Philip Sekuritas.

Edo menerangkan setelah transaksi terjadi maka laporan keuangan Tokopedia tak lagi terkonsolidasi di GOTO, melainkan di TikTok. Bukan hanya pendapatan, juga beban operasional termasuk biaya promosi dan insentif.

Baca Juga:
Dikuasai Tiktok, Tokopedia Tetap Jadi Mesin Uang GOTO CGS-CIMB Sekuritas Rilis Enam Waran Terstruktur Emiten Kelas Kakap BBCA-GOTO

"Hal ini sebenarnya positif karena persaingan e-commerce akan lebih ketat yang sangat berisiko tinggi. Intinya GOTO akan terhindar dari risiko bakar uang dalam pertarungan e-commerce," ujar Edo.

Berdasarkan riset Google, Temasek, dan Bain & Company GMV e-commerce Indonesia bisa naik menjadi USD82 miliar atau Rp1.271 triliun pada 2025.

Bahkan pada 2030, GMV e-commerce di tanah air bisa mencapai USD160 miliar atau Rp2.480 triliun pada 2030.

Pertumbuhan tahunan majemuk atau compound annual growth rate (CAGR) e-commerce sebesar 15% pada periode 2025-2030.

Edo menilai potensi besar e-commerce memang tidak bisa terbendung lagi akibat digitalisasi serta perubahan gaya hidup masyarakat. Hal ini yang akan mendorong GMV “New Tokopedia” akan terus bertumbuh.

"Bila Tokopedia bisa mempertahankan market share seperti saat ini, maka pendapatan service fee yang diterima GOTO akan sangat besar hingga menembus triliun. Apalagi kalau market share Tokopedia bisa terus meningkat," ujarnya.

Momentum Works pernah meriset market share Tokopedia mencapai 35%, sementara Tiktok Shop mencapai 5%. Bila digabungkan market share keduanya mencapai 40%. Bila market share ini terus bertahan maka GMV Tokopedia bisa mencapai Rp508 triliun pada 2025 dan Rp992 triliun pada 2030.

"Hitungan ini hanya sebagai indikasi bahwa potensi Tokopedia akan sangat besar di bawah kolaborasi TikTok dan GOTO," ujarnya.

(*)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.