Note

Menteri ESDM Sebut RI Bakal Punya Smelter Bauksit Mulai 2027

· Views 28
Menteri ESDM Sebut RI Bakal Punya Smelter Bauksit Mulai 2027
Menteri ESDM Arifin Tasrif - Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta

Menteri ESDM Arifin Tasrif hari ini melakukan rapat terbatas soal pengembangan smelter alumina bauksit milik PT Inalum dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengatakan smelter ini bakal kelar pembangunannya di tahun 2027.

Rapat itu kabarnya ikut dihadiri oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri BUMN Erick Thohir, dan petinggi BUMN MIND ID, Inalum, dan PLN.

"Ya kita mau bangun smelting-nya untuk prosesnya itu akan dilakukan Inalum. Selesai 2027. Kan perlu energi bersih," ungkap Arifin ditemui usai rapat di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lebih lanjut Arifin mengatakan smelter Inalum itu nantinya bakal menggunakan energi bersih yang disediakan langsung oleh PT PLN.

"Kan perlu energi bersih. Iya (PLN yang siapkan)," ujar Arifin singkat.

Sayangnya Arifin tak mau merinci soal proyek yang dimaksud. Di mana lokasinya, maupun biayanya.

Sri Mulyani sendiri ketika dikonfirmasi apakah akan ada suntikan modal untuk proyek ini tak mau menjawab. "Nanti kita lihat," katanya singkat.

Dalam catatan detikcom, sejauh ini Inalum sendiri terhubung dengan proyek Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) di Mempawah, Kalimantan Barat.

Proyek ini digarap oleh PT Borneo Alumina Indonesia (BAI) dan dikerjakan oleh Konsorsium China Alumunium International Engineering Co. Ltd., (Chalieco). Pabrik SGAR diharapkan menjadi penghubung rantai pasok antara mineral bijih bauksit di Kalimantan Barat dengan pabrik peleburan aluminium milik PT Inalum.

SGAR akan memiliki kapasitas produksi 1 juta ton alumina pertahun dengan estimasi bahan baku bauksit sebanyak 3,3 juta ton per tahun.

(hal/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.