Note

BEI Baru Temukan 4 Pengendali Siap Buy Back Saham Emiten Bermasalah

· Views 45

Pasardana.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) baru menemukan 4 Pemegang Saham Pengendali (PSP) emiten yang tengah bersiap melakukan pembelian kembali atau buy back saham publik dari puluhan emiten berpotensi delisting.

Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna menyatakan, telah memetakan emiten-emiten yang telah dapat didepak paksa dari papan pencatatan bursa karena telah mengalami suspensi lebih dari 24 bulan.

“Paling tidak ada 4 PSP yang dalam waktu dekat sedang dalam proses (Red - buy back),” kata dia kepada media, Senin (5/2/2024).

Ia menjelaskan, pada awalnya BEI meminta manajemen perusahaan emiten yang telah mengalami suspensi lebih dari 24 bulan untuk melakukan pembelian kembali saham atau buy back saham publik.

Bila tidak ada tanggapan dari manajemen, dia bilang, akan mengejar PSP untuk meminta kesiapan melakukan buy back.

“Kami melakukan secara maksimal (Red-Mencari PSP), sebab emiten yang dalam kondisi tertentu tidak semudah bertemu manajemen atau PSP emiten yang dalam kondisi baik,” jelas dia.

Berdasarkan pantauan Pasardana.id, terdapat puluhan saham telah disuspen lebih dari 24 bulan, seperti: SUGI, TRIO, MYRX, COWL, DEFI, NIPS, PLAS, POOL, ARMY, ENVY, HDTX, POSA, SRIL, TRIL, LCGP, JKSW, TDPM, OCAP (dalam proses buy back), UNIT, DUCK, NUSA, KRAH, KPAL, FORZ, MAMI, PURE, SIMA, SKYB, RIMO, HOME, IIKP, TRAM, SMRU, dan LAPD.

Seperti diketahui, dalam Peraturan Bursa Nomor I-I tentang Penghapusan Pencatatan (Delisting) dan Pencatatan Kembali (Relisting) Saham di Bursa, Bursa dapat menghapus saham Perusahaan Tercatat apabila telah mengalami suspensi di Pasar Reguler dan Pasar Tunai, hanya diperdagangkan di Pasar Negosiasi sekurang-kurangnya selama 24 bulan terakhir.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.