Note

Luhut Klaim Program Hilirisasi Jokowi Diakui Dunia, Afrika Jadikan RI Contoh

· Views 43
Luhut Klaim Program Hilirisasi Jokowi Diakui Dunia, Afrika Jadikan RI Contoh
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengklaim sejumlah program Presiden Joko Widodo (Jokowi) diakui oleh dunia. Salah satu yang menonjol, kata dia, adalah program hilirisasi.

Lewat hilirisasi, Indonesia berhenti mengekspor bahan mentah dan mengolahnya dulu di dalam negeri. Menurut Luhut banyak negara berkembang di Afrika yang kini mencontoh program tersebut.

"Salah satu program yang menonjol itu adalah hilirisasi yang itu diakui dunia, dan di teman-teman negara berkembang di Afrika, sekarang mencontoh kita," katanya di Instagramnya luhut.pandjaitan, Sabtu (3/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menambahkan saat sedang dirawat di Singapura banyak utusan negara lain yang menjenguk dirinya. Beberapa di antaranya adalah menteri pemerintahan Singapura hingga John Kerry yang merupakan utusan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Menurut Luhut semuanya kompak memuji kepemipinan Jokowi. Indonesia dinilai berhasil bernavigasi di tengah sulitnya kondisi perekonomian dunia.

"Saya waktu kemarin di Singapura, banyak yang menjenguk saya, baik itu dari utusan khusus presiden Joe Biden John Kerry, maupun dari pemerintah menteri-menteri dari Singapura, banyak lagi yang lain datang melihat saya. Itu semua mengapresiasi terhadap ekonomi Indonesia," bebernya.

Beberapa capaian positif yang dipamerkan Luhut antara lain inflasi yang terjaga di bawah 3%, ekspor yang surplus 44 bulan secara berturut, turut, hingga rupiah yang disebutnya tidak berpengaruh meski The Fed mengerek angka suku bunga.

"Lalu cadangan devisa kita yang terbesar sepanjang masa US$ 46 miliar kalau nggak salah, tahun ini tahun depan mungkin kita bisa dekat ke US$ 200 miliar, semua karena kebijakan-kebijakan ekonomi yang dibuat Pak Jokowi dan juga tim ekonominya yang menurut saya itu tim ekonomi yang baik sekali. Ini kerja sama semua," pungkasnya.

(ily/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.