Note

Cara Mengurus ATM yang Tertelan, Lengkap dengan Rincian Biaya

· Views 15
Cara Mengurus ATM yang Tertelan (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Cara mengurus ATM yang tertelan jadi hal yang menarik untuk diulas kali ini. Kartu ATM merupakan sebuah fasilitas yang diberikan oleh bank untuk nasabah agar lebih mudah melakukan proses transaksi. 

Terkadang, nasabah mengalami kejadian yang tidak diinginkan. Salah satunya kartu ATM yang tertelan di mesin ATM (Anjungan Tunai Mandiri) saat sedang melakukan penarikan maupun transfer uang.  

Tak sedikit dari nasabah yang bingung dan panik saat kartu ATM tertelan di mesin ATM. Sebab, mereka tidak tahu cara mengatasinya. Padahal, cara mengurusnya pun cukup mudah untuk dilakukan. 

Lantas, bagaimana cara mengurus ATM yang tertelan? Berikut iNews.id akan berikan informasinya dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (2/2/2024), 

Cara Mengurus ATM yang Tertelan

1. Menghubungi Customer Service Bank dan Blokir Kartu

Hal pertama yang dapat dilakukan nasabah saat kartu ATM tertelan di mesin ATM adalah menghubungi bank customer service bank dan blokir kartu. Minta pihak bank untuk memblokir kartu ATM yang tertelan agar tidak disalahkan gunakan oleh orang yang tak bertanggung jawab. 

Biasanya, nomor customer service atau call center tertera di mesin ATM. Adapun, nomor call center bank yang mudah dihafalkan, seperti Bank Mega 1500010, Bank BRI 14017, Bank BCA 1500888, Bank Mandiri 14000, Bank BNI 1500046, dan Bank BTN 1500286.

2. Mendatangi Kantor Bank 

Selain menghubungi call center, nasabah juga dapat mendatangi kantor bank terdekat untuk melakukan pemblokiran kartu ATM. Sebelum melakukannya, persiapkan dokumen yang dijadikan sebagai persyaratan, yakni buku tabungan dan KTP. 

Saat di bertemu dengan customer service bank, sampaikan jika kartu kamu telah  tertelan di mesin ATM. Setelah itu, pihak bank akan melakukan proses verifikasi dan kamu dapat langsung mendapatkan kartu ATM baru. 

3. Memblokir Kartu Melalui Aplikasi Mobile Banking

Kehadiran teknologi di dunia perbankan ternyata memudahkan banyak nasabah. Salah satu fitur yang dapat dimanfaatkan adalah blokir kartu ATM. Meski dapat dilakukan secara online, nasabah tetap harus datang langsung ke kantor bank terdekat untuk melakukan proses verifikasi dokumen. 
Biaya Penggantian Kartu ATM yang Tertelan

Biaya penggantian kartu ATM yang tertelan tergantung dengan kebijakan masing-masing bank. Walau begitu, beberapa bank juga tidak mengenakan biaya penggantian kartu ATM. 

Demikian informasi mengenai cara mengurus ATM yang tertelan. Semoga bermanfaat ya!

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.