Note

Analisis EUR/USD pada 2 Februari 2024

· Views 52
Analisis EUR/USD pada 2 Februari 2024

Nilai tukar pasangan euro/dolar meningkat sebesar 60 basis poin pada hari Kamis dan turun sebesar 60 poin pada hari Jumat (hari ini belum berakhir). Analisis wave pada grafik 4 jam untuk pasangan euro/dolar tetap tidak berubah. Selama setahun terakhir, kita hanya melihat struktur tiga wave yang terus-menerus bergantian satu sama lain. Saat ini, pembangunan struktur tiga wave lainnya sedang berlangsung – dalam tren turun. Asumsi wave 1 selesai, namun wave 2 atau b sudah rumit tiga atau empat kali lipat, dan tidak ada jaminan tidak akan rumit lagi.

Meskipun latar belakang berita tidak dapat dianggap "mendukung mata uang Eropa", pasar secara teratur menemukan alasan untuk meningkatkan permintaan terhadap euro. Situasi ini tidak mencerminkan gambaran nyata di pasar valuta asing. Segmen tren naik mungkin berlanjut, namun struktur internalnya menjadi tidak terbaca.

Penandaan wave internal dari asumsi wave 2 atau b telah berubah. Karena wave tren turun terakhir sangat besar, saya sekarang menafsirkannya sebagai wave b. Jika hal ini terjadi, wave 3 atau c sedang dibangun, dan seluruh wave 2 atau b telah selesai. Kemunduran saat ini dari level tertinggi yang dicapai terlihat meyakinkan.

Pasar tenaga kerja AS sekali lagi menegaskan kekuatannya. Nilai tukar pasangan euro/dolar meningkat sebesar 60 basis poin pada hari Kamis dan turun sebesar 60 pada hari Jumat (dan hari ini belum berakhir!). Kemarin, saya memerlukan bantuan untuk memahami peningkatan permintaan pasar terhadap mata uang Eropa. Hasil pertemuan Bank of England (yang kemungkinan besar menyebabkan kenaikan euro dan pound) tidak cukup "hawkish" bagi pasar untuk mulai meningkatkan permintaan terhadap pasangan ini. Namun demikian, kami melihat gerakan seperti itu yang menimbulkan banyak pertanyaan. Mungkin pembeli memutuskan untuk mengambil inisiatif di pasar dan menggunakan pertemuan Bank of England sebagai alasan formal untuk hal ini. Selain pertemuan kemarin, ada laporan inflasi di Uni Eropa dan Indeks Manajer Pembelian Manufaktur ISM untuk AS. Baik laporan pertama maupun kedua tidak menyiratkan penurunan dolar.

Namun saat ini, jika diketahui, jumlah lapangan kerja baru yang diciptakan di AS (Nonfarm Payrolls) sebanyak 353 ribu, dengan ekspektasi pasar +180 ribu. Permintaan terhadap mata uang AS meningkat tajam, dan mata uang AS telah memulihkan sebagian besar kerugiannya dalam beberapa hari terakhir. Ini wajar, dan pada akhir minggu ini, mata uang Amerika tidak menerima lebih dari pendapatannya.

Berdasarkan hal di atas, pembentukan tren turun terus berlanjut, meskipun baru kemarin ada keraguan yang signifikan mengenai hal ini. Sekarang, perlu untuk berhasil menembus level 1,0786, yang setara dengan 76,4% menurut Fibonacci, dan jalur turun lebih jauh terbuka. Dalam waktu dekat, saya memperkirakan penurunan kuotasi pasangan ini ke level 1,06, jauh dari batas kemungkinan depresiasi mata uang Zona Euro.

Kesimpulan Umum

Berdasarkan analisis yang dilakukan, saya menyimpulkan bahwa konstruksi rangkaian wave bearish terus berlanjut. Wave 2 atau b telah mengambil bentuk yang lengkap, jadi dalam waktu dekat, saya perkirakan akan terus membangun wave impulsif ke bawah 3 atau c dengan penurunan signifikan pada pasangan ini. Upaya yang gagal untuk menembus level 1,1125, setara dengan 23,6% menurut Fibonacci, menunjukkan kesiapan pasar untuk melakukan penjualan sebulan yang lalu. Saya hanya mempertimbangkan penjualan dengan target di sekitar level perhitungan 1,0462, setara dengan 127,2% menurut Fibonacci.

Pada skala wave yang lebih besar, asumsi wave 2 atau b, yang panjangnya sudah lebih dari 61,8% dari wave pertama, menurut Fibonacci, dapat diselesaikan. Jika hal ini terjadi maka skenario dengan konstruksi wave 3 atau c dan penurunan pasangan ini di bawah level 1.04 telah mulai terjadi.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.