Note

Laba Melesat, Meta Akhirnya Bagi Dividen Pertama Sejak IPO

· Views 23
Laba Melesat, Meta Akhirnya Bagi Dividen Pertama Sejak IPO
Laba Melesat, Meta Akhirnya Bagi Dividen Pertama Sejak IPO. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Induk Facebook hingga Instagram Meta Platforms akan membagikan dividen untuk kali pertama sejak melakukan penawaran umum saham perdana (IPO) pada 2012 silam.

Hal tersebut setelah raksasa media sosial ini melaporkan kinerja kuartal IV-2023 yang solid.

Baca Juga:
Laba Melesat, Meta Akhirnya Bagi Dividen Pertama Sejak IPO Perkuat Infrastruktur AI, Mark Zuckerberg Umumkan Rencana Invetasi Besar-besaran untuk Meta

Melansir dari Business Insider, Jumat (2/2/2024), Meta mengumumkan dividen sebesar USD0,50 per saham dalam laporan keuangan pada Kamis (1/2) untuk kuartal keempat dan tahun fiskal 2023.

Rilis perusahaan menyebut, dividen tunai akan dibayarkan setiap triwulan “tergantung pada kondisi pasar dan persetujuan dewan direksi kami.”

Baca Juga:
Laba Melesat, Meta Akhirnya Bagi Dividen Pertama Sejak IPO Mark Zuckerberg Jual Saham Meta Senilai Rp6,66 Triliun pada Akhir 2023

Meta CFO Susan Li mengatakan dalam earnings call pada Kamis bahwa pembayarannya akan berupa dividen reguler.

Dividen akan dibayarkan pada 26 Maret mendatang kepada pemegang saham yang tercatat pada penutupan perdagangan pada 22 Februari.

Baca Juga:
Laba Melesat, Meta Akhirnya Bagi Dividen Pertama Sejak IPO Diduga Bahayakan Pengguna Usia Muda, AS Gugat Meta 

Praktis, Meta bergabung dengan raksasa teknologi lain seperti Microsoft, Apple, dan Oracle yang juga membayar dividen kepada pemegang saham. Meta juga mengumumkan telah menyetujui peningkatan pembelian kembali (buyback) saham senilai USD50 miliar.

Mengutip Bloomberg, Jumat (2/2), Meta membukukan kenaikan pendapatan sebesar 25 persen dan laba yang meningkat tiga kali lipat, serta memproyeksikan pertumbuhan pendapatan untuk periode saat ini yang melampaui proyeksi analis.

Saham Meta melonjak lebih dari 14 persen dalam perdagangan di luar sesi reguler (extended trading) ke level USD453,08 per saham. Saham Meta sudah melonjak 12 persen tahun ini hingga penutupan Kamis (1/2) setelah meroket hampir tiga kali lipat tahun lalu.

Meta menjelaskan, pendapatan diperkirakan mencapai USD37 miliar dalam tiga bulan yang berakhir pada Maret alias kuartal I-2024.

Analis memperkirakan pendapatan perusahaan mencapai USD33,6 miliar, menurut perkiraan yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Pada kuartal IV-2023, pendapatan mencapai USD40,1 miliar, mengalahkan perkiraan analis rata-rata sebesar USD39 miliar. Laba bersih melonjak menjadi USD14 miliar, atau USD5,33 per saham, juga lebih baik dari perkiraan.

Perusahaan melaporkan pendapatan sebesar USD134,9 miliar di 2023, naik 16 persen dari tahun 2022, dan laba bersih USD39,1 miliar, naik 69 persen secara tahunan (YoY).

“Kami memiliki kuartal yang baik karena komunitas dan bisnis kami terus berkembang,” kata Mark Zuckerberg dalam sebuah pernyataan.

“Kami telah membuat banyak kemajuan dalam visi kami untuk memajukan AI [artificial intelligence/kecerdasan buatan] dan metaverse,” imbuhnya.

Informasi saja, Meta (sebelumnya Facebook/FB) didirikan pada 2004 dan go public melalui IPO pada tanggal 18 Mei 2012 dengan harga saham USD38 per saham. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.