Note

Prospek dari EUR/USD pada 1 Februari. Powell mengurangi kemungkinan pemangkasan suku bunga pada bulan Maret

· Views 26

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek dari EUR/USD pada 1 Februari. Powell mengurangi kemungkinan pemangkasan suku bunga pada bulan Maret

Pada hari Rabu, EUR/USD menunjukkan pergerakan persis seperti yang kami antisipasi. Sebagai pengingat, kami menyebutkan bahwa selama acara penting seperti pertemuan bank sentral, pasar sering diperdagangkan secara impulsif, dipicu oleh emosi. Tak lama setelah acara, seringkali dimulai pergerakan ke arah sebaliknya yang sama kuat. Jadi, apa yang kita amati kemarin?

Dolar AS mengalami penurunan sepanjang hari. Penurunan tersebut sebagian dipicu oleh laporan ADP yang lemah di AS, tetapi laporan ini bukanlah satu-satunya hal yang dapat disalahkan atas pelemahan dolar. Pasar dengan jelas mengharapkan retorika dovish dari Ketua Federal Reserve, Powell. Namun, ketika pidato Powell berlangsung dan dia dengan jelas menunjukkan bahwa tingkat suku bunga kunci tidak akan berubah pada Maret, pasar awalnya bergerak naik didorong oleh momentum, dan kemudian runtuh. Secara umum, dolar terdepresiasi tajam pada awalnya dan kemudian kembali ke posisi awalnya.

Namun, fakta bahwa Powell mengambil sikap hawkish membuka peluang lebih banyak bagi dolar untuk menguat dalam beberapa minggu dan bulan mendatang. Pasar mengantisipasi pemotongan suku bunga pertama pada Maret, tetapi saat ini tidak ada dasar untuk itu, seperti yang telah kita tulis sepanjang Januari. Sekarang, para trader seharusnya melihat dolar dengan lebih baik.

Powell juga menyatakan bahwa tingkat suku bunga mungkin akan tetap pada nilai puncaknya lebih lama jika inflasi melambat hanya secara bertahap. Pasar tenaga kerja tetap kuat dan terus menciptakan pekerjaan. Oleh karena itu, pemotongan suku bunga hanya akan dipertimbangkan ketika pasar tenaga kerja melemah atau inflasi mendekati tingkat target.

Selama sesi trading Eropa, pasangan tersebut sebagian besar tetap pada posisinya. Sinyal jual pertama ternyata palsu, tetapi dua sinyal beli berikutnya di sekitar level 1.0823 akurat dan saling mengkonfirmasi. Mereka membawa harga ke level 1.0889, dari mana terjadi rebound yang ideal. Keuntungan dari perdagangan tersebut sekitar 40 pips. Seseorang bisa membuka posisi jual menggunakan sinyal yang sama, yang juga menghasilkan keuntungan yang baik, tergantung pada waktu penutupan trading.

Laporan COT:

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Prospek dari EUR/USD pada 1 Februari. Powell mengurangi kemungkinan pemangkasan suku bunga pada bulan Maret

Gambaran laporan COT terbaru ini tanggal 23 Januari. Seperti terlihat pada grafik di atas, jelas bahwa posisi bersih dari para pedagang non-komersial telah bersifat bullish untuk waktu yang cukup lama. Dengan kata lain, jumlah posisi long jauh lebih tinggi daripada jumlah posisi short. Ini seharusnya mendukung euro, tetapi kita masih belum melihat faktor fundamental untuk euro menguat lebih lanjut. Dalam beberapa bulan terakhir, baik euro maupun posisi bersih telah meningkat. Namun, selama beberapa minggu terakhir, pemain besar telah mulai mengurangi posisi long mereka, dan kami percaya bahwa proses ini akan terus berlanjut.

Kami sebelumnya menunjukkan bahwa garis merah dan hijau telah bergerak menjauh satu sama lain, yang sering mendahului akhir tren. Saat ini, garis-garis tersebut masih cukup terpisah. Oleh karena itu, kami mendukung skenario di mana euro seharusnya turun dan tren naik harus berakhir. Selama minggu pelaporan terakhir, jumlah posisi long untuk kelompok non-komersial berkurang sebanyak 9.100, sementara jumlah posisi short meningkat sebanyak 6.600. Akibatnya, posisi bersih turun sebanyak 15.700. Jumlah kontrak beli masih lebih tinggi daripada jumlah kontrak jual di antara para pedagang non-komersial sebanyak 89.000 (sebelumnya 104.000). Kesenjangan tersebut cukup besar, dan bahkan tanpa laporan COT, jelas bahwa euro seharusnya terus turun.

Analisis dari EUR/USD 1H

Prospek dari EUR/USD pada 1 Februari. Powell mengurangi kemungkinan pemangkasan suku bunga pada bulan Maret

Pada grafik 1 jam, EUR/USD telah menembus level 1.0823 sebanyak empat kali, jadi kita dapat mengharapkan tren turun akan berlanjut setelah dua minggu berada dalam fase datar. Harga berada di bawah garis Kijun-sen dan Senkou Span B, dan Powell mengambil sikap hawkish kemarin, yang mendukung kekuatan dolar AS dalam waktu dekat.

Hari ini, kami percaya bahwa harga akan terus "draw fences" dengan kemiringan minimal ke bawah. Kami akan mempertimbangkan posisi jual baru dengan 1.0757 karena dolar AS mendapat manfaat dari peristiwa kemarin. Sinyal jual telah terbentuk, dan Powell mendukung dolar. Kami menganggapnya tidak praktis untuk membeli saat ini.

Pada tanggal 1 Februari, kami menyoroti level berikut untuk trading: 1.0658-1.0669, 1.0757, 1.0823, 1,0889, 1,0935, 1,1006, 1,1092, 1,1137, 1,1185, 1,1234, 1,1274, serta garis Senkou Span B (1.0894) dan Kijun-sen (1.0841). Garis indikator Ichimoku dapat bergerak selama hari, jadi ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss breakeven jika harga telah bergerak ke arah yang diinginkan sebanyak 15 pips. Ini akan melindungi Anda dari potensi kerugian jika sinyal ternyata palsu.

Pada hari Kamis, zona euro akan mempublikasikan data terkait inflasi. Fokus juga pada PMI Manufaktur ISM AS. Selain itu, kita harus mengingatkan bahwa pertemuan kebijakan moneter BoE juga akan menjadi sorotan hari ini.

Deskrpsi dari Grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal di dekat mana tren mungkin berakhir. Mereka tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis dari indikator Ichimoku, diplot pada kerangka waktu 1 jam dari kerangka waktu 4 jam. Mereka memberikan sinyal perdagangan;

Level ekstrem adalah garis merah tipis dari mana harga sebelumnya memantul. Mereka memberikan sinyal perdagangan;

Garis kuning adalah garis tren, saluran tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk kelompok Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.