Note

Topindoku: Platform All-in-One yang Mendorong Transformasi Bisnis UMKM

· Views 26
Topindoku: Platform All-in-One yang Mendorong Transformasi Bisnis UMKM
Topindoku: Platform All-in-One yang Mendorong Transformasi Bisnis UMKM (foto: MNC media)

IDXChannel - MNC Sekuritas merupakan unit bisnis dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) dan perusahaan sekuritas terbaik yang memiliki reputasi serta mendapat beragam penghargaan.

Sejalan dengan hal tersebut, MNC Sekuritas menyediakan layanan sekuritas lengkap, termasuk membantu dan mendampingi klien dalam pendanaan pasar modal, misalnya melalui Initial Public Offering (IPO).

PT Topindo Solusi Komunika Tbk (TOSK) terus mengukir prestasi sebagai perusahaan start-up yang dinamis. Sejak berdiri pada 2018, TOSK telah mencapai pencapaian luar biasa untuk platformnya, Topindoku, dengan meraih lebih kurang satu juta pengunduh di Playstore dan App Store, serta mendirikan 25 gerai dan 66 Top Up Point (TUP).

Kini, 2024 juga menjadi momentum penting bagi TOSK, sebagai tahun di mana perusahaan ini berencana membentangkan sayapnya lebih luas.

Dengan fokus pada platform unggulannya, Topindoku, TOSK tidak hanya sekadar menyediakan layanan, tetapi juga menjadi penggerak utama pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Melalui Topindoku, Perseroan tidak hanya memberdayakan UMKM di pasar tradisional, tetapi juga memberikan dorongan agar bisnis mereka dapat bersaing secara efektif di era pasar modern.

Topindoku menjadi wahana bagi UMKM untuk menawarkan beragam produk virtual, mulai dari pulsa, paket data, token, voucher game, tiket perjalanan, pembayaran tagihan, hingga ke sektor retail.

TOSK juga mengaplikasikan semangat yang sama dalam pengembangan sistem teknologi dalam layanan unggulannya, Topindoku. Dengan terus menerus meningkatkan sistem, Perseroan tidak hanya membawa inovasi ke pasar digital tetapi juga menciptakan peluang baru bagi UMKM yang bermitra dengan TOSK.

Sistem teknologi yang terus berkembang menjadi pendorong utama dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai aspek bisnis, sejalan dengan visi Perseroan untuk terus menjadi pemimpin di industri ini.

Dengan memadukan komitmen terhadap kualitas, keberlanjutan, dan inovasi teknologi, TOSK melangkah maju dalam menciptakan ekosistem bisnis yang seimbang dan berdampak positif.

2024 menjadi penanda khusus dalam perjalanan TOSK, yang tidak hanya mencerminkan pertumbuhan di ranah digital tetapi juga menegaskan kontribusinya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Setelah cukup diakui dan mampu menguasai pasar di wilayah Kalimantan, Perseroan berencana untuk mengembangkan bisnis segmen produk digitalnya dengan melakukan penetrasi di wilayah luar Kalimantan. 

Sebagai salah satu langkah nyata guna mendukung ekspansi tersebut, TOSK pada tahun ini berencana untuk melakukan Penawaran Umum Saham Perdana atau IPO, dan saat ini telah resmi memulai masa Penawaran Umum (offering) sejak tanggal 1 Februari 2024 sampai dengan tanggal 5 Februari 2024.

Berdasarkan informasi yang tertuang dalam Prospektus, Perseroan menawarkan sebanyak 875 juta Saham Baru atau setara dengan 20 persen dari modal disetor setelah IPO dengan harga penawaran Rp125 per saham, dengan target dana yang terkumpul sebanyak Rp109,37 miliar.

Dana hasil IPO ini akan digunakan untuk keperluan modal kerja Perseroan dan entitas anak, pengembangan sistem IT, dan akuisisi properti yang akan menjadi hub bisnis TOSK di Kota Singkawang.

Bersamaan dengan IPO ini, TOSK juga akan menerbitkan sebanyak 262,5 juta Waran Seri I dengan rasio setiap pemegang 10 Saham Baru berhak memperoleh 3 Waran Seri I dengan harga pelaksanaan Rp145 per saham.

Menurut Founder sekaligus CEO TOSK, Seiko Manito, semua pemegang saham Pengendali dan manajemen Perseroan sangat berkomitmen untuk mengembangkan usaha Perseroan untuk selalu memaksimalkan profitabilitas dan memberi manfaat kepada semua pemegang saham dan pemangku kepentingan Perseroan.

"Kami berharap untuk menjunjung tinggi kepercayaan publik untuk selalu mengambil keputusan kegiatan usaha yang memberi manfaat bagi seluruh pemangku kepentingan Perseroan," ujar Manito.

Perluasan dan langkah strategis yang diambil oleh TOSK tidak hanya mencerminkan momen bersejarah bagi Perseroan, tetapi juga menandakan langkah maju yang solid untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin industri teknologi dan layanan di Indonesia.

Dengan mewujudkan inovasi dan standar kualitas terbaik dalam setiap aspek bisnisnya, TOSK berkomitmen menjadi mitra utama bagi masyarakat lokal dan para pemangku kepentingan, untuk bersama-sama memajukan ekosistem teknologi dan mendukung pertumbuhan bisnis UMKM di Indonesia.

TOSK dalam IPO ini resmi menunjuk PT MNC Sekuritas dan PT Erdikha Elit Sekuritas untuk bertindak sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Efek.

Menurut Direktur Investment Banking MNC Sekuritas, Hary Herdiyanto, TOSK memiliki potensi pertumbuhan yang sangat besar karena berada di sektor ekonomi digital, terutama e-commerce, yang diperkirakan akan terus berkembang.

TOSK adalah perusahaan dengan visi sociopreneur yang membantu UMKM mengelola dan mengembangkan bisnis mereka. TOSK telah dipercaya untuk bermitra dengan organisasi dan perusahaan terkenal seperti Bank Nobu, Dana, Kisel, Pelni, Unipin, dan SAP. 
Dalam dua tahun terakhir, perusahaan telah mencatatkan business turnover yang stabil di atas Rp2 triliun per tahun, menunjukkan stabilitas bisnis yang baik.

Anda dapat melakukan pemesanan saham TOSK melalui aplikasi MotionTrade pada menu “E-IPO”. Informasi lengkap dapat Anda akses pada link berikut: bit.ly/ipotosk

Untuk tutorial selengkapnya mengenai menu “E-IPO” dapat Anda saksikan melalui YouTube MNC Sekuritas atau akses melalui link berikut: youtube.com/watch?v=EG3KIxGHM5s.

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera unduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best! (ADV)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.