Note

IHSG Awal Februari Dibuka Menguat ke 7.218, tapi Tak Lama Berbalik Loyo

· Views 29
IHSG Awal Februari Dibuka Menguat ke 7.218, tapi Tak Lama Berbalik Loyo
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini pada awal perdagangan dibuka menguat. IHSG naik 10 poin (0,14%) ke level 7.218.

Mengutip data RTI, (1/2/2024), IHSG berada di posisi tertingginya pada 7.222 dan terendahnya 7.200. Sebanyak 76 saham menguat, 80 turun, dan 148 stagnan. Masih pada awal pembukaan perdagangan, IHSG berbalik melemah 5,4 poin (0,08%) ke 7.202.

Mengutip riset Ajaib Sekuritas, sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mempertahankan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) untuk bank umum dan BPR masing-masing sebesar 4,25% dan 6,75%. Sementara, simpanan TBP valuta asing (valas) di bank umum sebesar 2,25%.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Keputusan TBP tersebut akan berlaku mulai 1 Februari hingga 31 Mei 2024. Kebijakan LPS mempertahankan TBP mengikuti perkembangan suku bunga simpanan perbankan nasional dalam rupiah dan valas, sehingga stabilitas sistem keuangan dapat terjaga.

Dari Mancanegara, Bursa Wall Street mengalami koreksi setelah beberapa indeks utamanya (Dow Jones dan S&P 500) reli dan mencatatkan all time high. Aksi taking profit dilakukan setelah hasil FOMC The Fed mempertahankan suku bunga acuan di level 5,25-5,5%. Langkah penurunan suku bunga yang lebih cepat terhapuskan setelah melihat lambatnya penurunan inflasi dan solidnya ekonomi.

Sikap dovish yang dinantikan pelaku pasar tidak tercermin dalam FOMC di awal Februari tahun ini. Dari Asia, Biro Statistik China (NBS) melaporkan indeks PMI manufaktur pada Januari 2024 sebesar 49,2, naik dari posisi bulan sebelumnya sebesar 49,0. Meskipun ada perbaikan namun industri manufaktur China tetap di level kontraksi. Performa tersebut sejalan dengan lemahnya ekonomi domestik di tengah deflasi dan terpuruknya sektor properti.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.