Note

Ikhtisar GBP/USD. 31 Januari. Fed akan berangsur menurunkan suku bunga pada 2024

· Views 35

Ikhtisar GBP/USD. 31 Januari. Fed akan berangsur menurunkan suku bunga pada 2024

Pasangan mata uang GBP/USD terus berada dalam channel sideways di level 1.2611-1.2787, dan baru-baru ini, pasangan ini bahkan menahan diri untuk mencoba keluar dari kisaran ini. Pergerakan terakhir antara level yang ditentukan adalah ke bawah, tetapi tidak mengubah apa pun. Apa bedanya bagaimana pasangan ini bergerak dalam channel sideways selama satu setengah bulan?

Pekan baru bagi mata uang Inggris dimulai dengan cukup lancar. Empat perwakilan komite moneter ECB di Uni Eropa telah menyampaikan pidatonya, dan laporan mengenai PDB untuk UE dan Jerman telah dipublikasikan. Belum ada apa pun di Inggris, dan di AS, laporan JOLTs mengenai lowongan pekerjaan pada bulan Desember dirilis kemarin. Kami tidak menganggap laporan ini penting, namun setiap penyimpangan signifikan dari nilai perkiraan dapat menimbulkan reaksi pasar yang nyata. Jadi, apa yang terjadi kemarin?

Laporan JOLTs menunjukkan 9,026 juta lowongan pekerjaan, perkiraan sebesar 8,75 juta. Dengan kata lain, kita dapat menganggap laporan tersebut lebih kuat dari perkiraan, namun dalam situasi dengan pound Inggris, hal ini sekali lagi tidak menjadi masalah. Dolar AS naik tajam sebesar 35 poin dan tetap berada dalam channel sideways. Terlebih lagi, menyebut pergerakan 35 poin sebagai kuat cukup menantang. Pasar tenaga kerja harus terus menunjukkan ketahanannya terhadap kebijakan moneter ketat The Fed. Tidak diragukan lagi, pengangguran telah meningkat selama setahun terakhir, dan jumlah lapangan kerja yang diciptakan setiap bulannya mengalami penurunan. Tapi intinya indikator pertama sedikit meningkat, dan indikator kedua sedikit menurun. Pasar tenaga kerja AS masih menunjukkan hasil yang kuat.

Sementara itu, hari ini di Amerika Serikat, hasil pertemuan pertama The Fed tahun ini akan diumumkan. Dengan latar belakang ini, bank-bank besar dan perusahaan investasi telah menyampaikan ekspektasi mereka terhadap suku bunga pada tahun 2024. Morgan Stanley menyatakan bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga secara perlahan sepanjang tahun, berusaha untuk tidak mengganggu pergerakan penurunan inflasi. Karena perekonomian AS tetap kuat, prioritas The Fed adalah melawan inflasi dan bukan menghindari resesi.

Selain itu, bank tersebut yakin bahwa The Fed tidak akan memberi sinyal perlunya penurunan suku bunga lebih cepat. Pelonggaran pertama akan dilakukan pada bulan Maret, namun bukan berarti setiap pertemuan tahun ini akan berakhir dengan penurunan suku bunga utama. Menurut pakar Morgan Stanley, dolar akan bereaksi buruk terhadap retorika "dovish".

Nomura Bank mengatakan mereka memperkirakan empat putaran pelonggaran tahun ini – pada bulan Mei, Juli, September, dan Desember. Para ahli bank percaya bahwa program pengetatan kuantitatif akan selesai pada akhir tahun ini. Kami juga condong ke arah pelonggaran pertama pada bulan Mei dan percaya bahwa pelonggaran lebih dari empat putaran tidak diharapkan. Inflasi di Amerika Serikat harus lebih tinggi untuk mengharapkan tindakan yang lebih drastis dari regulator. Selain itu, The Fed telah menyatakan bahwa ekspektasi pasar meningkat dan tidak ada hubungannya dengan kenyataan. Skenario pelonggaran yang lebih lunak mungkin mendukung dolar AS.

Sebaliknya, Goldman Sachs menyimpulkan bahwa suku bunga akan diturunkan pada bulan Maret, dan lima putaran penurunan akan terjadi pada tahun 2024. Seperti yang bisa kita lihat, bank-bank besar, berbagai pakar, investor, dan trader mempunyai pendapat berbeda mengenai suku bunga Fed. Menurut alat FedWatch, kemungkinan penurunan suku bunga pada bulan Maret saat ini adalah 37%. Namun, kami telah mengatakan sebulan yang lalu bahwa siklus pelonggaran tidak akan dimulai pada bulan Maret. Jika statistik pasar tenaga kerja AS positif pada minggu ini, pemotongan pertama diperkirakan tidak akan dilakukan sebelum Mei-Juni 2024.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Ikhtisar GBP/USD. 31 Januari. Fed akan berangsur menurunkan suku bunga pada 2024

Rata-rata volatilitas pasangan GBP/USD selama lima hari perdagangan terakhir adalah 76 poin. Untuk pasangan pound/dolar, nilai ini dianggap "rata-rata". Oleh karena itu, pada hari Rabu, 31 Januari, kami memperkirakan pergerakan dalam kisaran yang dibatasi oleh level 1.2610 dan 1.2762. Pembalikan ke atas pada indikator Heiken Ashi akan menunjukkan perubahan baru dalam pergerakan ke atas dalam channel sideways.

Level support terdekat:

S1 – 1.2665

S2 – 1.2634

S3 – 1.2604

Level resistance terdekat:

R1 – 1.2695

R2 – 1.2726

R3 – 1.2756

Rekomendasi trading:

Pasangan mata uang GBP/USD kemungkinan akan melanjutkan pergerakan menuju level 1,2787, yang berfungsi sebagai batas atas channel sideways. Namun, kami mengingatkan Anda bahwa pasar bersifat datar, artinya pergerakannya bisa beragam dan tidak dapat diprediksi. Harganya seringkali melampaui moving average, jadi ini murni formal. Mempertimbangkan posisi short dengan target di 1.2634 dan 1.2604 di dekat 1.2787 adalah tindakan yang bijaksana. Alternatifnya, beli di dekat level 1,2610. Jika pasangan ini keluar dari channel sideways, maka tidak ada gunanya terburu-buru mengambil kesimpulan, karena pada hari Rabu, Kamis, dan Jumat, pasar mungkin melakukan perdagangan secara impulsif, didorong oleh emosi.

Penjelasan untuk gambar:

Channel regresi linier - membantu menentukan tren saat ini. Jika keduanya diarahkan ke arah yang sama, maka trennya kuat.

Garis moving average (pengaturan 20.0, diperhalus) - menentukan tren jangka pendek dan arah perdagangan yang harus dilakukan saat ini.

Level Murray - level target untuk pergerakan dan koreksi.

Tingkat volatilitas (garis merah) - kemungkinan channel harga di mana pasangan ini akan menghabiskan hari berikutnya, berdasarkan indikator volatilitas saat ini.

Indikator CCI - masuknya ke dalam zona oversold (di bawah -250) atau zona overbought (di atas +250) menunjukkan bahwa pembalikan tren ke arah yang berlawanan sudah dekat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.