Note

Sahamnya Sisa 25 Persen di Tokopedia, GOTO Bakal Dapat Sumber Pendapatan dari Sini

· Views 35
Sahamnya Sisa 25 Persen di Tokopedia, GOTO Bakal Dapat Sumber Pendapatan dari Sini
Sahamnya Sisa 25 Persen di Tokopedia, GOTO Bakal Dapat Sumber Pendapatan dari Sini. Foto: MNC Media.

IDXChannel – PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) akhirnya mengumumkan bahwa investasi TikTok ke Tokopedia sudah rampung, dengan 24,99% sisa saham tetap dimiliki oleh GOTO.

Perseroan menyampaikan kabar tersebut dalam dokumen keterbukaan informasi pada Rabu, 31 Januari 2024, manajemen GOTO menyebutkan bahwa 75,01% saham Tokopedia resmi dimiliki TikTok. Sementara itu 24,99% sisa saham tetap dimiliki oleh GOTO.

Baca Juga:
Sahamnya Sisa 25 Persen di Tokopedia, GOTO Bakal Dapat Sumber Pendapatan dari Sini BMRI New ATH, ASII Balik ke Rp5.000, GOTO Juara

"Hari ini kami menyelesaikan transaksi kerja sama dengan TikTok, yang akan terus memberikan manfaat kepada Indonesia dan para pelaku UMKM," kata Direktur Utama Grup GoTo, Patrick Walujo, dalam siaran pers, Rabu (31/1/2024).

"Ini juga merupakan langkah besar bagi Grup GoTo. Setelah mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat 2023, kami akan mengakselerasi pertumbuhan kami, salah satunya melalui dukungan dan kerjasama dengan ekosistem mitra bisnis perseroan," tegasnya.

Baca Juga:
Sahamnya Sisa 25 Persen di Tokopedia, GOTO Bakal Dapat Sumber Pendapatan dari Sini Saham GOTO Rebound 7 Persen usai Terjungkal Kemarin

Seiring dengan arah profitabilitas dan perbaikan arus kas GoTo, kata Patrick, perseroan akan mengoptimalkan penggunaan modal dan sedang menyusun rencana alokasi modal ke depan. 

"Rencana tersebut mencakup beberapa inisiatif termasuk kemungkinan dilakukannya pembelian kembali (buyback) saham, di mana hal ini akan bergantung pada persetujuan regulator dan pemegang saham."

Baca Juga:
Sahamnya Sisa 25 Persen di Tokopedia, GOTO Bakal Dapat Sumber Pendapatan dari Sini Saham GOTO Tiba-Tiba Anjlok 6 Persen, Ada Apa?

Pengumuman ini menjadi penanda bahwa GOTO mulai mendapatkan komisi dari transaksi di platform "New Tokopedia". Pada saat yang sama, selain menerima pendapatan secara rutin, GOTO juga tidak perlu lagi menanggung beban bisnis Tokopedia.

Yang tak kalah penting, peristiwa ini juga menjadi lembaran baru Tokopedia yang disokong penuh oleh Tiktok. Artinya, "New Tokopedia" bakal memiliki amunisi berlimpah untuk kembali ke jalur pertumbuhan demi memperbesar pangsa pasar e-commerce di tanah air.   

"Pada tanggal 31 Januari 2024, para pihak menyelesaikan transaksi melalui penyelesaian transaksi saham, di mana Tokopedia telah menerbitkan saham baru kepada TikTok Nusantara yang menyebabkan TikTok Nusantara memiliki 75,01% dari saham Tokopedia yang telah diterbitkan," tulis keterbukaan informasi GOTO.

Halaman : 1 2 3

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.