Note

Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR?

· Views 38
Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR?
Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR? (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan evaluasi mayor indeks IDX High Dividend 20 untuk periode efektif konstituen 5 Februari 2024 - 4 Februari 2025. Keluarnya nama-nama ‘tradisional’ turut menimbulkan pertanyaan di kalangan investor.

Sebanyak tujuh emiten, yang dikenal rajin menebar dividen, didepak dari indeks tersebut.

Baca Juga:
Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR? Daftar Terbaru IDX High Dividend 20 di BEI

Nama-nama yang dimaksud adalah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJBR), PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (BJTM), PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA), PT Baramulti Suksessarana Tbk (BSSR).

Emiten lainnya yang keluar adalah PT Hexindo Adiperkasa Tbk (HEXA), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), hingga PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk (MPMX).

Baca Juga:
Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR? Ashmore Asset (AMOR) Bagikan Dividen Interim Rp18,5 per Saham

Sementara, ada tujuh emiten yang menjadi penghuni anyar IDXHIDIV20, yaitu PT Barito Pacific Tbk (BRPT), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP).

Selanjutnya, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA), dan PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) juga menjadi penghuni anyar indeks tersebut. (Lihat tabel di bawah ini.)

Baca Juga:
Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR? Estee Gold (EURO) Batal Bagi Dividen Rp12,23 Miliar ke Investor

Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR?

Adu Dividen 7 Penghuni Baru vs Lama IDXHIDIV20, TPIA-UNVR atau BJTM-BSSR?

Keluarnya BJBR, BJTM, hingga BSSR yang rajin membagi dividen belasan tahun dengan dividend yield (imbal hasil dividen) yang terbilang besar, yang diganti oleh sejumlah nama dengan yield lebih rendah macam TPIA, membuat kalangan pelaku pasar bertanya-tanya.

Tentu, pihak bursa menggarisbawahi, imbal hasil dividen hanya satu dari sekian prasyarat suatu saham masuk ke dalam IDXHIDIV20, selain nilai perdagangan hingga kapitalisasi pasar free loat.  

Menurut Direktur Pengembangan BEI Jeffrey Hendrik, sejumlah kriteria untuk saham yang masuk IDXHIDIV20 dilihat dari dividend yield dalam 3 tahun terakhir, nilai perdagangan di pasar reguler selama 3, 6, dan 12 bulan terakhir serta kapitalisasi pasar free float.

“Berdasarkan kriteria tersebut BSSR tidak masuk dalam top 20 konstituen indeks. Sementara untuk TPIA, UNVR dan saham yang baru masuk ada dalam top 20 sehingga masuk dalam indeks,” jelas Jeffrey kepada wartawan, dikutip IDXChannel, Rabu (31/1/2024).

Terlepas dari itu, keluarnya nama-nama di atas dari IDXHIDIV20 tidak serta merta membuat saham-saham itu tidak menarik. Selain itu, investor tidak bisa langsung menilai saham-saham penghuni baru lebih baik dibandingkan saham lain di luar indeks tersebut

Singkatnya, dalam memilih antara saham-saham baru dan yang keluar dari IDXHIDIV20, investor perlu mempertimbangkan secara menyeluruh termasuk performa keuangan, potensi pertumbuhan, dan kebijakan dividen perusahaan. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.