Note

Rupiah Hari Ini Kembali Menguat ke Rp15.780 per Dolar AS, Ini Pendorongnya

· Views 19
Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali menguat pada perdagangan, Selasa  (30/1/2024). Rupiah melesat 30 poin ke level Rp15.780. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNews.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (Dolar AS) kembali menguat pada perdagangan, Selasa  (30/1/2024). Rupiah melesat 30 poin ke level Rp15.780 setelah sebelumnya juga menguat ke Rp15.810 per dolar AS.

Pengamat pasar uang Ibrahim Assuaibi menjelaskan, penguatan rupiah karena pelaku pasar mengurangi kemungkinan bahwa bank sentral AS akan menurunkan suku bunga pada bulan Maret 2024 menjadi 48 persen dari 89 persen.

"The Fed diperkirakan akan mempertahankan suku bunga stabil pada hari Rabu dan investor akan fokus pada komentar Ketua Fed Jerome Powell, setelah ia mengindikasikan pada bulan Desember bahwa The Fed beralih ke siklus penurunan suku bunga," kata Ibrahim dalam risetnya, Selasa (30/1/2024).

Selain itu, Departemen Keuangan AS mengatakan pihaknya memperkirakan akan meminjam 760 miliar dolar AS pada kuartal pertama 2024, 55 miliar dolar AS lebih rendah dari perkiraan bulan Oktober.

Investor juga mewaspadai meningkatnya risiko geopolitik setelah tiga anggota militer AS tewas dalam serangan pesawat tak berawak terhadap pasukan AS di timur laut Yordania dekat perbatasan Suriah.

Dari sentimen domestik, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati  mengamini pemerintah dan para ekonom, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia optimis akan mampu kembali menyentuh angka 5 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) pada tahun 2023.

Meski dalam suasana global yang tidak pasti dan cenderung melambat, ekonomi Indonesia tetap bertahan dengan baik alias resilien. Utamanya, permintaan domestik menjadi penopang dan sebagai substitusi pelemahan eksternal.

Berdasarkan data diatas, mata uang rupiah hari ini menguat, selanjutnya untuk perdagangan besok diprediksi bergerak fluktuatif dan kemudian ditutup melanjutkan penguatan di rentang Rp15.750-Rp15.830.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.