Note

Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus

· Views 29
Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus
Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus. (Foto: Reuters)

IDXChannel - Bursa saham Asia cenderung bergerak beragam pada perdagangan Selasa (30/1/2024). Pergerakan pasar Asia tersengat sentimen stimulus pemerintah China dan reli Wall Street semalam.

Selain itu, pasar tengah menanti arah kebijakan bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) pekan ini dan kabar likuidasi alias pembubaran raksasa properti China Evergrande.

Baca Juga:
Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus Saham FORU Melonjak 24 Persen usai Suspensi Dibuka, SHID Anjlok

Indeks Hang Seng Hong Kong kembali melemah paling dalam diikuti oleh indeks Shanghai Composite China. Sementara indeks Nikkei 225 Jepang, indeks KOSPI Korea Selatan, indeks Sensex India dan indeks ASX 200 Australia justru menguat.

Pada pukul 09.00 WIB, indeks Hang Seng Hong Kong turun 1,83 persen di level 15.782. Pada saat bersamaan, indeks Shanghai Composite China turun 0,59 persen di level 2.866. Indeks Nikkei 225 Jepang justru menguat 0,32 persen di level 36.141 dan indeks ASX 200 di Australia menguat 0,38 persen di level 7.607. Sementara indeks KOSPI Korea Selatan naik 0,58 persen di level 2.515 dan indeks Sensex India menguat tebal 1,7 persen di level 71.903. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus Resmi Melantai di BEI, Harga Saham Sumber Mineral (SMGA) Naik 34,29 Persen

Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus

Sementara dari Tanah Air, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga dibuka melemah 0,14 persen pada waktu yang sama di level 7.143. Pada sesi sebelumnya, IHSG ditutup menguat 0,28 persen ke level 7.157 pada Senin (29/1).

Baca Juga:
Bursa Asia Beragam, Keputusan The Fed hingga Likuidasi Evergrande Jadi Fokus Listing Hari Ini, Intip Rapor Keuangan SMGA Sebelum Koleksi Sahamnya

Indeks utama Wall Street Amerika Serikat (AS) ditutup menguat pada perdagangan Senin waktu setempat. Pelaku pasar saat ini menantikan laporan pendapatan sejumlah perusahaan big cap, data ekonomi, dan pertemuan kebijakan moneter The Fed minggu ini.

Dow Jones Industrial Average naik 224,02 poin atau 0,59 persen, menjadi 38.333,45. Sementara Indeks S&P 500 menguat 36,96 poin atau 0,76 persen, pada 4.927,93 dan Nasdaq Composite melompat paling tebal 172,68 poin atau 1,12 persen menjadi 15.628,04.

Dilaporkan sebelumnya, indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi inti (PCE) AS tumbuh 0,2 persen pada Desember dibandingkan bulan sebelumnya, dan 2,9 persen pada basis tahunan (yoy). Ekonom yang disurvei Dow Jones memperkirakan kenaikan masing-masing sebesar 0,2 persen dan 3 persen.

Laporan PCE tersebut dilaporkan sehari setelah data produk domestik bruto (PDB) AS menunjukkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dari perkiraan pada kuartal keempat. Kondisi ini sempat memperkuat harapan investor bahwa perekonomian telah menghindari resesi yang mendalam.

Keputusan suku bunga pertama The Fed pada tahun 2024 juga akan dirilis pada hari Rabu esok waktu setempat.

Sementara dari Asia, indeks Hang Seng haru anjlok setelah mengakhiri sesi Senin dengan kenaikan 0,78 persen. Saham-saham teknologi dan real estat berkontribusi terhadap kenaikan tersebut.

Pada hari Senin, Indeks Properti Daratan Hang Seng (HSMPI) dan Indeks Hang Seng Tech (HSTECH) masing-masing naik sebesar 0,84 persen dan 0,54 persen. Sementara saham China Evergrande Group anjlok 20,87 oersen sebelum perdagangan ditangguhkan karena investor menanggapi berita tentang pengadilan Hong Kong yang mengeluarkan perintah penutupan perusahaan raksasa properti tersebut.

Namun, saham perbankan Hong Kong masih mengalami sesi positif di mana HSBC naik 1,07 persen. China Construction Bank dan Industrial Commercial Bank juga mengakhiri hari masing-masing dengan kenaikan 0,64 persen dan 1,05 persen.

Indeks Nikkei 225 menguat hari ini dengan sejumlah saham utama Jepang naik untuk sesi kedua berturut-turut dan mengikuti reli di Wall Street semalam yang membawa S&P 500 ke rekor tertinggi baru.

Investor juga mencerna data yang menunjukkan tingkat pengangguran Jepang turun menjadi 2,4 persen pada bulan Desember dari 2,5 persen pada dua bulan sebelumnya. Angka produksi industri, penjualan ritel, dan kepercayaan konsumen akan dirilis akhir pekan ini.

Saham-saham terkait chip memimpin kenaikan, dengan kenaikan kuat dari Disco Corp (2,2 persen), Renesas Electronics (2,2 persen) dan Advantest (1,3 persen). Indeks kelas berat lainnya juga menguat, termasuk Nintendo (3,2 persen), Fast Retailing, induk toko baju internasional Uniqlo (1,1 persen) dan Mitsubishi Heavy Industries (2 persen). (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

Accout Running lose contact me I will help you Everyone 👍 @FOREXLIFE133

-THE END-