Note

Punya Potensi Migas Yang Besar, RI Jalin Kerja Sama Bilateral Dengan Venezuela

· Views 22

Pasardana.id - Pemerintah RI dan Venezuela sepakat jalin kerja sama bilateral di bidang minyak dan gas bumi (migas). Kesepakatan tersebut tercapai setelah Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif melakukan kunjungan kerja ke Venezuela beberapa waktu lalu.

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Dadan Kusdiana mengatakan dalam kunjungan tersebut, Menteri ESDM Arifin Tasrif membahas tentang investasi dan bisnis.

Kata Dadan, Kementerian ESDM juga terus membuka komunikasi dengan pihak Venezuela menyangkut kerja sama ini. Menurutnya, Venezuela punya potensi migas yang besar.

"Sekarang kan mereka itu punya potensi yang sedemikian besar ya untuk migas, kita ke sana dalam rangka menjajaki hal tersebut," ujar Dadan, ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Senin (29/1).

Terkait saol potensi PT Pertamina (Persero) mengakuisisi blok migas di sana, Dadan masih enggan berkomentar banyak. 

"Nanti tanya ke Pertamina," ujar dia.

Seperti diketahui, dalam kunjungan Mentei ESDM Arifin Tasrif ke Venezuela pada 18 Januari lalu, membuahkan kesepakatan kedua negara di bidang migas dalam Memorandum of Understanding (MoU). MoU itu ditandatangani Arifin bersama Menteri Perminyakan Venezuela Pedo Rafael Tellechea. 

"Kami mencatat bahwa kedua negara dapat berbagi peluang bisnis yang memungkinkan di sektor energi, terutama di bidang minyak dan gas," kata Arifin, dikutip dari keterangan resmi di situs Kementerian ESDM.

MoU antar kedua negara tersebut mencakup kerja sama bisnis hulu migas antar kedua negara, penerapan peningkatan perolehan minyak tahap lanjut (enhanced oil recovery), pengembangan dan penerapan teknologi serta praktik terbaik untuk mengurangi dampak lingkungan di bidang energi.

Selanjutnya terkait penyimpanan dan penangkapan karbon dan pengurangan gas suar bakar, serta bidang-bidang usaha yang disepakati oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan/atau swasta dari para pihak tanpa merugikan atau menyesuaikan dengan kontrak, perjanjian, dll yang ada.

Dengan payung perjanjian antar kedua tersebut, PT Pertamina (Persero), sebagai BUMN milik Indonesia di sektor energi, melalui Pertamina International EP (PIEP) diharapkan bisa menjajaki peluang dalam mengakuisisi blok-blok migas baru Venezuela. Hal itu juga untuk menguatkan eksistensi PIEP yang telah berinvestasi di Venezuela melalui perusahaan Maurel et Prom (M&P).

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.