Note

Central Proteina (CPRO) Lanjutkan Ekspansi Usai Lunasi Utang Obligasi

· Views 33
Central Proteina (CPRO) Lanjutkan Ekspansi Usai Lunasi Utang Obligasi
Central Proteina (CPRO) Lanjutkan Ekspansi Usai Lunasi Utang Obligasi (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO) telah melunasi seluruh hutang Tranche A dari Senior Facility Agreement (SFA) hasil restrukturisasi obligasi tahun 2021 yang lalu. 

Hal ini dikonfirmasi oleh Madison Pacific selaku wali amanat para pemegang obligasi berdasarkan surat pernyataan tanggal 17 Januari 2024. 

Baca Juga:
Central Proteina (CPRO) Lanjutkan Ekspansi Usai Lunasi Utang Obligasi Dua Sosok Ini Kompak Tinggalkan Kursi Komisaris Central Proteina (CPRO)

Pelunasan hutang lebih cepat dua tahun dari masa jatuh tempo hutang yang jatuh pada tahun 2025 ini utamanya ditopang oleh kinerja perseroan yang semakin membaik dalam beberapa tahun terakhir.

“Juga sejalan dengan tingginya animo para petambak budidaya perikanan, tumbuhnya konsumsi makanan boga bahari, serta berkembangnya komunitas pecinta hewan kesayangan,” kata Presiden Direktur CPRO Hendri Laiman dalam keterangan resminya, Senin (29/1/2024).

Baca Juga:
Central Proteina (CPRO) Lanjutkan Ekspansi Usai Lunasi Utang Obligasi KRYA Raih Kontrak Baru Rp13,10 Miliar dari Anak Usaha CPRO

Sepanjang Januari hingga September 2023, perseroan berhasil meningkatkan laba bersih sebesar 12,5% menjadi Rp321,43 miliar, dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. 

Di samping itu, pendapatan perseroan naik sebesar 9,5% secara tahunan menjadi Rp6,76 triliun, didorong oleh peningkatan penjualan dari bisnis pakan dan segmen makanan. 

Baca Juga:
Central Proteina (CPRO) Lanjutkan Ekspansi Usai Lunasi Utang Obligasi Laba Proteina (CPRO) Anjlok Jadi Rp285,47 M Hingga Kuartal III 2022

Namun, beberapa pos biaya juga mencatatkan kenaikan seiring dengan peningkatan penjualan dan program penetrasi pasar perseroan dalam segmen makanan olahan. 

Beban penjualan CPRO naik sebesar 17,0% menjadi Rp315,57 miliar dan beban umum dan administrasi juga naik tipis sebesar 0,9%  menjadi Rp347,29 miliar. 

Hendri menegaskan, pasca pelunasan hutang Tranche A dari SFA, tersisa utang Tranche B dari SFA dengan total sekitar USD16 juta atau kurang lebih setara dengan Rp250 miliar yang akan jatuh tempo pada tahun 2026.

Hendri mengungkapkan bahwa di tahun ini perseroan akan fokus meningkatkan penjualan di kedua segmen bisnis utama perseroan yaitu produk makanan boga bahari dan pakan, budidaya perikanan dan makanan hewan kesayangan.

“Realisasi rencana capex perseroan yang mencakup kedua lini bisnis utama menjadi kunci pertumbuhan, karena kapasitas produksi yang terbatas,” ujar Hendri.

Lebih lanjut, pelunasan hutang SFA lebih dini mengurangi beban keuangan perseroan, sehingga penghematan biaya ini dapat digunakan untuk mendanai capex ekspansi perseroan di bidang pengolahan makanan boga bahari dan pabrik pakan.

Dalam waktu dekat, CPRO juga telah merencanakan untuk mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) terkait dengan pengunduran diri Komisaris Perseroan, Mr. Michael Nacson dan Mr. Tobias Damek. 

Kedua Komisaris Perseroan ini sebelumnya diangkat melalui RUPSLB pada tahun 2018 untuk mengemban tugas khusus agar perseroan dapat menyelesaikan kewajiban finansial pasca restrukturisasi obligasi. 

Sebelumnya, CPRO menandatangani senior facilities agreement (SFA) senilai USD76,51 juta. Pinjaman tersebut digunakan untuk restrukturisasi utang anak usaha yaitu Blue Ocean Resources Pte. Ltd (BOR). Fasilitas yang diteken pada 15 September 2021 lalu terdiri dari dua bagian.

Fasilitas tranche A dengan nilai USD51,51 juta yang merupakan jumlah dari para pemegang surat utang yang memilih mengubah surat utang menjadi pinjaman terhadap BOR, dan memiliki jangka waktu hingga 31 Desember 2025. 

Kemudian, Fasilitas tranche B senilai USD25 juta yang merupakan pinjaman baru kepada BOR dan memiliki jangka waktu hingga 31 Maret 2026. 

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.