Note

Sah! TBS Energi Caplok Perusahaan Pengelola Limbah

· Views 31
Sah! TBS Energi Caplok Perusahaan Pengelola Limbah
PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengakuisisi perusahaan pengelolaan limbah berbasis di Bogor dan Solo, ARAH - Foto: Dok. TBS
Jakarta

PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA) mengakuisisi perusahaan pengelolaan limbah berbasis di Bogor dan Solo, ARAH. Langkah tersebut melanjutkan aksi korporasi sebelumnya yakni mengakuisisi Asia Medical Enviro Services (AMES) yang berbasis di Singapura pada Agustus 2023.

Dibentuk pada tahun 2008, ARAH pertama kali didirikan sebagai perusahaan pengangkut limbah medis yang beroperasi di wilayah Jawa Barat dan Jabodetabek. Seiring berjalannya waktu, ARAH melakukan diversifikasi jasa yang ditawarkannya.

Saat ini, ARAH menyediakan layanan untuk pengelolaan berbagai jenis limbah, yakni limbah medis, limbah komersial dan limbah elektronik.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berdasarkan laporan terbaru kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI), Perseroan telah mengumumkan bahwa akuisisi ARAH dilaksanakan melalui anak perusahaan, PT Solusi Bersih TBS (SBT). SBT telah menyelesaikan penerbitan saham baru sejumlah 207.300 saham, yang merepresentasikan 33,07% dari total kepemilikan saham di perusahaan. Penerbitan saham ini secara khusus bertujuan untuk mengakuisisi 99,9% saham di ARAH.

"Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen kami dalam transisi menuju bisnis yang lebih berkelanjutan. Fokus kami adalah mengurangi intensitas emisi secara signifikan sambil memperkuat posisi kami sebagai pemain kunci di tingkat regional," kata Direktur Utama SBT Nafi Sentausa dalam keterangannya, Senin (29/1/2024).

Nafi menegaskan, inisiatif ini bukan hanya merepresentasikan upaya perseroan untuk melebarkan sayap bisnis di sektor bisnis ramah lingkungan, tetapi juga sejalan dengan tujuan TBS untuk mencapai komitmen 'Towards a Better Society 2030' (TBS2030). Lebih lanjut, akuisisi ini juga memantapkan posisi TBS sebagai pelopor dalam industri pengolahan limbah terintegrasi di skala regional, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

"Dengan memperluas bisnis kami dalam pengelolaan limbah medis, limbah B3, limbah domestik, dan limbah elektronik melalui SBT, kami bertujuan memberikan kontribusi substansial terhadap efisiensi operasional, stabilitas keuangan, dan keberlanjutan jangka panjang Perseroan," ujar Nafi.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.